oleh

Haul Abah Guru Sekumpul, Kapolri dan Kapolda Kalsel Sumbang Sapi Limosin

BANJARMASIN – Turut berpartisipasi pada kegiatan keagamaan yakni Haul Al’Allamah KH Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul ke-15 Tahun 2020, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menyerahkan 3 (tiga) ekor Sapi jenis Limosin sumbangan dari Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dan Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, serta Tokoh Masyarakat Martapura H Agus ke Panitia Haul, Kamis (27/2/2020) pukul 11.30 wita.

Berpartisipasinya Polda Kalsel ini sebagai bentuk kepedulian jajaran kepolisian terhadap agenda tahunan keagamaan tersebut. Apalagi tamu bukan saja dari dalam negeri, namun juga datang dari luar negeri.

Penyerahan ketiga ekor sapi tersebut diterima oleh perwakilan Panitia Imam Musholla Ar-Raudah Sekumpul H Sa’dudin serta Perwakilan pihak Keluarga Sekumpul H. Fauzan Asnia.

Harapannya, sumbangan yang diberikan dapat bermanfaat untuk membantu persediaan makanan bagi jamaah yang datang memenuhi kawasan Haul Abah Guru Sekumpul sehingga dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan khusu’ dan khidmat.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan, mengingat prediksi akan ada jutaan jemaah haul yang datang mengikuti prosesi pelaksanaan haul, pihaknya berinisiatif untuk membantu agar bisa dimanfaatkan sebagai konsumsi para Jamaah.

“Ya kita sama-sama membantu, karena di mungkinkan dan diprediksi akan ada jutaan bahkan lebih Jamaah yang akan datang ke acara Haul nanti, jadi semoga bisa dimanfaatkan sapi ini untuk konsumsi para Jamaah,” ujarnya.

Selain menyerahkan tiga ekor Sapi, kedatangan Jenderal Bintang Dua tersebut juga sekaligus meninjau persiapan keamanan di sekitar Musholla Ar-Raudah.

Penyerahan Sapi ini selain sebagai sarana silaturahmi dan bhakti sosial juga untuk meningkatkan ukhuwah islamiah serta menjalin hubungan yang harmonis antara Polri khususnya Polda Kalsel dengan masyarakat Kabupaten Banjar.

Juga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di daerah hukum Polres Banjar menjelang maupun saat pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul tahun 2020 dengan aman tertib dan lancar.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Kalsel menghimbau kepada pihak keluarga dan para relawan agar selalu berkoordinasi dengan petugas di lapangan, sehingga Kamtibmas dapat terjaga hingga berakhirnya momen Haul.

“Para jamaah, saya imbau patuhi dan ikuti petunjuk relawan dan petugas yang setiap saat dapat membantu di posko-posko yang tersedia,” ujar Kapolda. (metro7/nrl)