Desa Membangun Negeri
Jumat, 18 Des 2020 20:39 WIB

Hendrik Lewerissa Minta Kementrian Perdagangan Awasi Harga Cengkih di Maluku

Reporter :  La Amsuri - Kab. Maluku Tengah, Maluku
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MALTENG, metro7.co.id – Anggota Komisi VI DPR RI Hendrik Lewerissa meminta Kementerian Perdagangan RI agar dapat mengawasi harga cengkih di Provinsi Maluku yang kerap tidak stabil.

Wakil rakyat asal Maluku ini menduga ada semacam permainan dan monopoli yang dilakukan sejumlah pengumpul hasil bumi di saat musim panen cengkih tiba. Tindakan ini dinilai sangat merugikan petani cengkih di Maluku.

“Sebagai wakil dari Maluku saya ingin menyampaikan bahwa petani cengkih di Maluku itu merasa sama sekali tidak dilindungi oleh negara. Sebab, setiap kali masa panen cengkih itu tiba, harga cengkih turun hampir 40 sampai 50 persen. Ini adalah praktek monopoli yang tidak sehat dan merugikan petani,” tandas Lewerisa dalam rapat bersama pada agenda reses Komisi VI DPR RI dengan Kementrian Perdagangan dan KPPU di Makassar, Kamis (17/12/2020).

Politis Gerindra ini mulai membuka statemennya dengan berkisah tentang kondisi keluarganya. Ia mengaku merupakan anak ketujuh dari sepuluh bersaudara dari orang tua yang bertugas sebagai seorang guru.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas