oleh

Hidupkan Budaya Bagarakan Saur, Tabalong Gelar Pawai Batalintingan

TANJUNG – Tradisi masyarakat Banjar zaman dahulu telah membudaya setiap awal sampai akhir Bulan Ramadhan. Dimana para pemuda biasanya melakukan bagarakan saur mulai pukul 13.00 wita, untuk membangunkan warga.

Tradisi bagarakan saur ini dengan membunyikan bermacam peralatan sepeti telontong dari bambu, ember, gerigen, besi dan bahkan peralatan dapur yang bisa dipukul mengeluarkan bunyi nyaring semua bisa dibawa, sambil membunyikan berbagai peralatan tersebut dengan irama yang beraturan mereka juga sambil menyerukan saur, saur, saur.

Bagarakan saur yang dilakuni para pemuda desa sejak tahun 1950 ini kini mulai ditinggalkan.

Untuk mengenang budaya bagarakan saur ini Pemerintah Kabupaten Tabalong, melalui Dinas Pendidikan, Senin malam (27/5/2019) bertepatan hari ke 22 Ramadhan 1440 Hijiriah seusai waktu sholat taraweh menggelar Pawai Talintingan , dengan mengangkat tema “Merajut Kebersamaan Dalam Berkah Ranadhan Untuk Tabalong Untuk Lebih Berbudaya”.

Sebanyak 34 regu peserta dari kalangan pemuda dipenjuru kota Tanjung ikut ambil bagian dalalam lomba bagarakan saur yang digelar ini.

Pelepasan regu peserta bagarakan saur dilakukan oleh Wakil Bupati Tabalong, H.Mawardi yang turut disaksikan sejumlah unsur Forkopimda, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda H Zulfan Noor, dan turut hadir beberapa Kepala SKPD.

Kepala Dinas Pendidikan, HA Rizali Noor dalam laporannya mengatakan, sejak tahun 2000 an bagarakan saur atau batalintingan sudah tidak dilakukan lagi oleh para pemuda diberbagai penjuru desa di Wilayah Tabalong khususnya.

“Mudah-mudahan dalam pelaksanaan acara talintingan ini, kita kembali bisa menghidupkan, atau menampilkan kembali kepada masyarakat milenial yang belum lahir ditahun 1960 atau1970 kembali mengenang masa-masa Tabalong ditahun seperti dulu,” katanya.

Dalam kegitan ini Dinas Pendidikan menganggarkan dana kegiatan bagarakan saur melalui APBD sebesar Rp 35 juta termasuk untuk hadiah bagi regu juara I sebesar Rp 2,5 juta. (metro7/via)