Desa Membangun Negeri
Senin, 12 Okt 2020 14:03 WIB

HUT Kabupaten Siak ke-21, Pjs Bupati Ziarah Makam Raja Kecik Yang Termasyur

Reporter :  Yogie Setiawan - Kab. Siak, Riau
Editor :  M Ali Nafiah Noor

SIAK, metro7.co.id – Menyambut Hari Jadi ke-21 Kabupaten Siak, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Indra Agus Lukman bersama Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, bersama-sama melaksanakan ziarah ke makam-makam Sultan yang telah berjasa untuk Kabupaten Siak terlebih Kemerdekaan RI, Minggu (11/10/2020) sore.

Makam Raja Kecik yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rachmad Syah I, yang merupakan pendiri Kerajaan Siak Sri Indrapura yang berada di Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak menjadi tujuan ziarah pertama Indra Agus Lukman.

Sebelum melaksanakan doa bersama, Pjs Bupati juga berkesempatan menyampaikan sekilas sejarah raja termasyur itu.

“Beliau (Raja Kecik) dulu berhasil menduduki Kerajaan Johor dan menjadi raja disana. Namun hanya sebentar, kemudian pada tahun 1722 beliau mengakhiri tahtanya akibat perlawanan oleh mantan bendahara Abdul Jalil,” cerita Indra, sesaat sebelum doa bersama di Makam Raja Kecik.

Dilanjutkannya, setelah turun tahta di Kerajaan Johor, kemudian Raja Kecik menuju Bintan, Bengkalis hingga sampai daerah pedalaman Sungai Siak, tepatnya di Daerah Buantan.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas