oleh

IDI Kotabaru Ajak Masyarakat Lakukan Germas

-Kotabaru-577 views

KOTABARU – Ikatan Dokter Indonesia atau IDI Cabang Kabupaten Kotabaru, menghimbau masyarakat Kotabaru untuk tetap tenang, waspada, tidak panik berlebihan dan selalu memahami seluruh konten informasi yang disebarkan saluran resmi dan dapat dipertanggung jawabkan terkait dengan penyebaran virus Corona atau Covid 19 di wilayah Kalsel.

Masyarakat dihimbau membiasakan diri melakukan gerakan masyarakat sehat (Germas) dimanapun berada seperti : mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, perbanyak makan sayur dan buah, menghindari bepergian ke daerah terjangkit, selalu menjaga kebersihan lingkungan, rajin olahraga dan istirahat yang cukup, dan selalu berdoa untuk mengurangi resiko penyebaran covid – 19.

“Menghimbau kepada masyarakat Kotabaru yang baru datang dari luar negeri atau dari daerah terjangkit atau yang telah melakukan kontak aktif dengan orang yang datang dari luar negeri atau daerah terjangkit untuk segera memeriksakan diri apabila mengalami gejala – gejala sesuai kriteria yang ditetapkan Kementrian,” kata Ketua IDI Kotabaru dr Aswin Febria dalam surat edarannya diterima metro7, Rabu (18/3).

Ia juga meminta segera melakukan pembatasan sosial dalam bentuk perilaku menjaga jarak agar terhindar dari paparan virus dan melakukan isolasi sendiri di rumah selama 14 hari.

Selain itu merekomendasikan kepada pemkab untuk membuat edaran dan himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke daerah terjangkit virus dan tidak melaksanakan atau menunda sementara kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak dalam waktu dekat ini.

“Kepada seluruh teman sejawat dokter dan tenaga kesehatan lainnya di Kotabaru, mari kita rapatkan barisan tetap fokus, tenang dan selalu menjaga diri dengan selalu menggunakan alat perlindungan diri (APD) dan menjaga sterilisasi dalam dalam bekerja. Segera lakukan koordinasi dan berkontribusi aktif ditempat saudara bekerja dalam rangka kewaspadaan diri,” tekannya.

Kemudian kepada masyarakat yang membetuhkan informasi masalah covid 19 dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Dinas Kesehatan Kotabaru dengan mehubungi call center.

Dinas Kesehatan Kalsel : 0821 5771 5672 atau 0821 5771 8673.

Dinas Kesehatan Kotabaru : 0822 5600 0065 atau 0822 5600 009. (metro7/syn).