oleh

Ikan Langka Todak Ikon Kotabaru Terjaring Nelayan Jelang Pesta Laut

-Kotabaru-561 views

KOTABARU – Menjelang perayaan pesta adat Mappanretase di Kotabaru, seekor ikan todak jumbo terjaring nelayan. Ikan seberat 35 kg tersebut rencana akan dijadikan kudapan oleh warga.

“Iya dapat rezeki ikan todak yang nyangkut di jaring nelayan Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Tanjung Selayar saat melaut. Beratnya sekitar 35 kg. Rencana mau dipanggang pada saat acara pesta laut Mappanretasi pada hari ahad ini,” ujar Kades Teluk Tamiang, Borahim saat dikonfirmasi metro7 melalui pesan WA, Jumat (25/10).

Ikan lumayan langka itu mengenai jaring warganya mendekati perayaan pesta laut, Borahim mengatakan kejadian tersebut sesuatu yang biasa saja.

“Biasa saja kalau di desa kami, pada musim tenggara antara bulan Oktober – November sering dijumpai. Ada ukuran yang lebih besar dari itu. Biasanya sering dijumpai pada bulan di musim kemarau,” ujarnya.

Ikan hasil tangkapan nelayan tersebut akan dijadikan sajian di pesta laut. Perayaan Mappanretasi di Teluk Tamiang terpusat di kawasan pantai. Festival adat suku Bugis ini sudah diturunkan secara turun-temurun. (metro7/syn).