Home / Ciamis / Covid-19 / Jawa Barat

Senin, 29 Juni 2020 - 17:51 WIB

Ingatkan Pengelola Obyek Wisata Ciamis Terapkan Protokol Kesehatanl

Reporter : Tegar Fauzi Andreans - Kab.Ciamis, Jawa Barat - Dibaca : 28 kali

 

CIAMIS, metro7.co.id – Sejumlah obyek wisata di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai dibuka pasca PSBB berakhir. Sebut saja, wisata Cadas Ngampar di Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Wisata yang mengandalkan keindahan aliran sungai Cileueur tersebut kabarnya dibuka seminggu yang lalu. Semenjak dibuka, objek wisata yang dikelola Bumdes tersebut cukup dipadati pengunjung apalagi week end.

Meski PSBB telah berakhir, namun pemerintah mengimbau, obyek wisata di Ciamis yang sekarang sudah buka, mesti menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia mengakui jika sejumlah lokasi wisata di Ciamis sudah mulai dibuka dan dikunjungi wisatawan.

Baca Juga :  Pintu Masuk Desa Sibung Diperketat

“Dinas sudah melaksanakan pemantauan ke sejumlah obyek wisata. Memang tak ada laporan resminya , namun kita lihat geliat pariwisata di Ciamis mulai kembali bangkit,” ujar Budi.

Pihaknya pun sudah memberikan surat imbauan kepada para pengelola obyek wisata yang di Ciamis agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

Kata dia, setiap pengunjung yang mau berwisata harus menggunakan masker, pengelola wisata juga mesti menyediakan tempat cuci tangan, dan tetap jaga jarak.

Baca Juga :  Bukan di Mesjid, Tabalong Persiapkan Shalat Idul Fitri di Lapangan Terbuka

“Yang paling penting, sesuai instruksi Gubernur Emil, objek wisata hanya boleh dikunjungi warga Jawa Barat saja,” jelasnya.

Selain itu, diharapkan pengelola obyek wisata di Ciamis mematuhi aturan tentang pembatasan jumlah pengunjung. Pengunjung yang masuk tidak boleh dari 50 persen dari kapasitas.

“Misalnya lokasi wisatanya hanya bisa menampung 100 orang saja, nah yang boleh masuk itu 50 orang. Sisanya bisa bergantian atau dengan shift. Tidak boleh terlalu ramai, harus tetap dibatasi,” pungkas Budi Kurnia. ***

Share :