Ingin Jadi Sentra Ikan Air Tawar

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 3 kali

Paringin — Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Balangan ingin menjadikan daerahnya sebagai pemasok kebutuhan ikan air tawar pada tahun 2013 ini.
“Pasokan ikan air tawar tidak hanya untuk pangsa pasar Balangan saja, melainkan juga segmen pasar ikan se banua enam,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Holtikultura Peternakan dan Perikanan (PTPHPP) Kabupaten Balangan Ir Ruskariadi, belum lama tadi.
Untuk mencapai target sebagai sentra ikan air rawar tersebut pihaknya telah menerapkan program kerja lintas sektoral beserta kelengkapan sarana dan prasarana pendukung. “Kami bersinergi dengan Dinas Sosial Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosduknakertran), sebab pengembangan budi daya ikan air tawar itu banyak melibatkan para pekerja atau warga di pemukiman transmigrasi,” ujarnya.
Dikatakannya, sekitar 200 kepala keluarga di pemukiman transmigrasi  Desa Papuyuan dan Desa Lajar Kecamatan Lampihong telah dibekali kemampuan teknis pengelolaan kolam ikan air tawar.
Dijelaskannya, wilayah Balangan memiliki variabel karakter alam yang sangat mendukung dalam pemberdayaan dan peningkatan  komoditas produksi ikan air tawar. “Sekarang ini BBI yang berlokasi di Desa Gunung Manau Kecamatan Batu Mandi saja sudah mulai menghasilkan komoditas bibit ikan lokal yang siap tebar untuk masyarakat Balangan.sebanyak sejuta ekor benih,”ujarnya.
Aset alam itu meliputi pegunungan, lembah, sungai, danau serta hamparan luas area rawa atau gambut,yang pas untuk pengembangan  kolam ikan air tawar, terutama di lokasi pemukiman transmigrasi.
Dinas PTPHPP melalui Bidang Perikanan juga telah mendistribusikan bantuan sarana dan prasarana  ke daerah-daerah yang dianggap potensial untuk pengembangbiakan ikan lokal. (Metro7/Sri)

Share :