Desa Membangun Negeri
Jumat, 11 Sep 2020 01:11 WIB

Ini Kiat Cepat Bikin Akta di Disdukcapil Nias Barat

Reporter :  Regueli Gulo - Kab.Nias Barat, Sumatera Utara
Editor :  M Ali Nafiah Noor

LAHOMI, metro7.co.id – Setiap dokumen resmi dibuat dengan prosedur yang ditetapkan. Begitu juga dalam proses pembuatan akta yang dilayani Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara.

Ada beberapa jenis akta yang bisa dibuat oleh Disdukcapil. Diantaranya adalah Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Perceraian, dan Akta Kematian.

Kepala Bidang (Kabid) Pengurusan Akta Disdukcapil Kabupaten Nias Barat,¬†Lidaaro Deaeli, menjelaskan, untuk memproses salah satu dari empat jenis akta tersebut, pihaknya sangat mempertahankan dan mempererat kerjasama dalam satu tim. “Tujuan kami yaitu untuk selalu bergandeng tangan dalam menyukseskan setiap pekerjaan yang telah dipercayakan kepada kami oleh Pak Kadis,” ucapnya, Kamis (10/09/2020).

Menurut Lidaaro Deaeli, dalam pengurusan berbagai akta itu, wajib diserahkan formulir dan berkas pendukung lainnya sesuai jenis akta yang diurus. Ia berharap, masyarakat yang ingin melakukan pembuatan akta dapat melengkapi semua persyaratan yang sudah ditetapkan. Semua itu agar proses setiap pengurusan akta dapat cepat dan tidak susah.

“Jika ada berkas atau dokumen yang kurang maka akan memperlambat pekerjaan kami dalam mengurus setiap berkas yang sudah dikasih kepada kami,” kata Lidaaro Deaeli.

Halaman: 1 2

CLOSE