oleh

Inovasi Desa Bartim Masuk Nasional, Disampaikan Bupati Saat Buka Kegiatan Cluster 1

TAMIANG LAYANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Barito Timur gelar kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) cluster 1 Kecamatan Paju Epat, Benua Lima dan Dusun Timur.

Kegiatan yang bertemakan “Kita Tingkatkan Desa Dengan Membangun Inspiratif, Kreatif dan Inovatif” tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas di Aula Dinas Pendidikan kabupaten Bartim, Selasa (16/7).

Acara yang digelar bersama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan Paju Epat, Benua Lima dan Dusun Timur tersebut turut dihadiri Kadis DPMD Bartim, Wakil Bupati Bartim, Camat beserta Forkopimda dan para Kades serta tamu undangan lainnya.

Ampera mengatakan, Bursa Inovasi Desa merupakan salah satu bentuk kegiatan pameran yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dan desa yang dinilai lebih inovatif.

“Sampai saat ini kita patut bersyukur karena kabupaten Bartim sudah mulai muncul bentuk inovasi desa. Seperti mikro organisme lokal (MOL) Desa Tampa Kecamatan Paku yang sudah masuk ke menu bursa Nasional,” kata Ampera.

Menurutnya, bursa inovasi desa merupakan dari kegiatan program Inovasi desa yang hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping, dalam pengembangan potensi ekonomi lokal, kewirausahaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia serta sarana infrastruktur.

“Melalui kegiatan seperti ini saya harap agar mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara parsitisipasif, karena Program Inovasi Desa adalah merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Ampera. (metro7/budi).