Desa Membangun Negeri
Rabu, 30 Sep 2020 16:04 WIB

Inovatif!, Mamo Warga Desa Gunung Ulin Ciptakan Kompor Aksi Berbahan Limbah

Reporter :  Ahmad Rajulani Husayin - Kotabaru Kalimantan Selatan
Editor :  M Khairil Ismitullah

KOTABARU, metro7.co.id – Mamo warga Desa Gunung Ulin, Pulau Laut Utara, Kotabaru tak disangka mampu menciptakan sebuah kompor bernilai ekonomis dari barang limbah. Ide cemerlang ini tercipta sekitar enam bulan lalu, saat bahan bakar sulit didapat, harga sulit dijangkau untuk digunakan dalam proses pembakaran pembuatan pupuk dan lainnya.

Saat itu ia harus memutar otak mencari cara agar dapat menekan angka tersebut. Alhasil ia berhasil membuat kompor yang diberi nama kompor aksi. Ternyata alat yang ia kembangkan itu mempunyai banyak keuntungan, dari segi pengeluaran mampu menekan angka nomimal dalam pembelian bahan bakar.

Mamo mengaku sudah beberapa warga yang memesan alat yang diciptakan sangat sederhana tersebut.

“Sebenarnya awalnya hanya iseng, saya dan beberapa rekan dari Desa Gunung Ulin berupaya menciptakan alat sederhana dari limbah tapi memiliki kerja maksimal, dan tidak lagi menggunakan bahan bakar yang mempunyai nilai tukar lumayan tinggi, bagi kami kalangan petani ini,” ujarnya.

Diterangkannya semua bahan yang digunakan merupakan limbah dari tempat-tempat pemulung seperti tabung gas bekas, besi-besi bekas, drum bekas yang semuanya itu didapat dengan harga murah, ditambah dengan oli bekas.

Halaman: 1 2 3

CLOSE