Desa Membangun Negeri
Sabtu, 16 Jan 2021 17:20 WIB

Inspektorat Periksa Pemdes Kreman, Kades Diduga Slewengkan Dana Desa

Reporter :  Iman Raharso - Kab. Tegal, Jawa Tengah
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KABUPATENTEGAL,Metro7.co.id – Tim Inspektorat Kabupaten Tegal lakukan kunjungan guna memberikan pembinaan kepada Pemerintahan Desa. Pembinaan yang dilakukan Inspektorat terhadap Pemerintahan Desa Kreman adalah atas dasar surat pengaduan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang ditujukan kepada Bupati pada tanggal 23 Desember 2020 yang lalu.

Atas pengaduan dari BPD tersebut, Bupati merespon baik dengan memerintahkan Inspektorat datang ke Kantor Pemerintahan Desa Kreman untuk memeriksa atau memberikan pembinaan. Diketahui, surat aduan yang ditujukan ke Bupati adalah terkait adanya dugaan penyalahgunaan kewenangan sebagai Kepala Desa.

Ketua BPD Desa Kreman, Abdul Rosul mengatakan, Kepala Desa tidak melibatkan RT dan RW untuk melakukan musyawarah dalam penggunaan dana pemberdayaan masyarakat yang telah dicairkan. “Rosul meminta kepada Kepala Desa agar bisa membuat kesepakatan supaya anggaran tersebut dapat digunakan secepatnya karena merupakan uang negara yang harus dilaksanakan sesuai kebutuhan pemerintahan desa,” katanya.

Terpisah, didapat informasi dari salah satu warga yang namanya tidak mau disebutkan, bahwa terjadi penyelewengan anggaran dana desa yang dilakukan oleh Kepala Desa. Penggunaan anggaran Dana Desa yang peruntukanya guna membayar upah tenaga pengajar Pendididikan Usia Dini (PAUD) ternyata dari awal 2020 sempat belum diberikan kepada para pengajar**

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas