Desa Membangun Negeri
Minggu, 30 Agu 2020 21:01 WIB

Jadi Narasumber Otda, Bupati Irwan Paparkan Manfaat Pemekaran

Reporter :  Koran Metro7

MERANTI, metro7.co.id – Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan Nasir diminta menjadi narasumber dalam program bincang-bincang otonomi daerah (otda) yang dipandu langsung oleh mantan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Prof Djohermansyah Djohan di Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Program diskusi publik itu sendiri dalam rangka bedah buku berjudul, Koki Otonomi Kisah Anak Sekolah Pamong karya Djohermansyah. Buku tersebut diterbitkan oleh Kompas Gramedia.

“Kami menghadirkan pak Irwan Nasir Bupati Kepulauan Meranti Riau yang dalam catatan otonomi daerah perkembangannya sangat baik,” ungkap Djohermansyah memulai diskusi yang disaksikan puluhan orang tersebut.

Dia pun meminta Irwan menceritakan pengalaman hampir 10 tahun menjadi Bupati. “Dua kali beliau terpilih jadi Bupati itu tidak mudah. Tentu banyak pengalaman yang menarik didiskusikan,” tambah dia.

Bupati Irwan pula memulai kisahnya dengan perjuangan pemekaran Meranti. Menurutnya, sebelum pemekaran persentase kemiskinan mencapai 43 persen lebih. Padahal Meranti berada di Provinsi Riau, provinsi kedua terkaya di Indonesia.

“Melihat fakta itulah tokoh-tokoh Meranti baik di dalam maupun di luar daerah seperti Batam, Pekanbaru dan Jakarta akhirnya mendorong pemekaran hingga akhirnya Meranti menjadi daerah otonomi baru akhir tahun 2009 dan melaksanakan pilkada tahun 2010,” kenang dia.

Halaman: 1 2 3 4

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2