oleh

Jelang Lebaran, Beras Jenis Premium Mengalami Kenaikan

TANJUNG – Mendekati Idul Fitri 1441 Hijriah, masyarakat mulai bersiap-siap membeli beras untuk zakat fitrah. Hukum zakat fitrah sendiri wajib bagi umat Muslim dan dibayarkan satu tahun sekali.

Persiapan tersebut membuat kegiatan jual beli beras di Pasar Tanjung semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena Banyaknya warga yang ingin menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah.

“Bahan pokok beras jenis premium mengalami kenaikan, dikarenakan kebutuhan yang meningkat dan di Tabalong sekitar 40% masyarakatnya ketika ingin berfitrah patokannya Unus dan Mayang,” kata Bupati Tabalong, Selasa (19/5) ketika selesai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Tanjung.
BACA JUGA :   Dirumahkan 3 Bulan, 122 Karyawan Indomarine Tuntut Pesangon

Diketahui, bahan pokok lainnya yang memiliki kenaikan ialah bawang merah, yang mencapai harga Rp.60.000 perkilogram, namun kenaikan bawang merah menurut Anang karena faktor pengiriman saja.

“Bahan pokok masih terkendali, meskipun ada seperti bawang merah hari ini mencapai Rp.60.000/kg, hal ini dikarenakan faktor pengiriman,” katanya kepada Metro7.

Anang mengatakan, kenaikan ini masih dalam batas kewajaran.Namun jika dalam beberapa hari kedepan harga menaiki kenaikan yang signifikan maka akan dilakukan operasi pasar.