Desa Membangun Negeri
Kamis, 1 Apr 2021 20:46 WIB

Jukung Merah, Logo Baru Dewan Kesenian Banjarmasin

Reporter :  M Ali Nafiah Noor

BANJARMASIN, metro7.co.id – Dewan Kesenian Banjarmasin (DKBjm) punya logo baru. Desainnya, sederhana, segar dan penuh makna.

DKBjm sempat mogok dalam waktu yang cukup lama. Akhir Februari 2021 lalu, seniman di Kota Banjarmasin berkumpul. Pengurus baru pun dibentuk. Logo yang baru dirilis ini, seperti membuktikan, DKBjm tak ingin diam di tempat lagi.

Simbol perahu (jukung) warna merah tampak mendominasi. Kata Ketua DKBjm, Hajriansyah, itu berarti semangat bagi wadah yang siap mengakomodir aspirasi para seniman Kota Seribu Sungai.

“Logo ini mewakili keinginan kawan-kawan untuk perubahan sekaligus pembaruan spirit Dewan Kesenian Banjarmasin periode baru,” ujarnya, Kamis (1/4/2021).

Di bawah jukung, ada garis berliku seperti ombak sungai. Sementara di atas haluan perahu, bulatan matahari dengan warna kuning.

“Ombak lambang dinamika kesenian di Banjarmasin, sekaligus daya dorong bagi Dewan Kesenian Banjarmasin. Matahari sebagai harapan yang ingin dicapai secara bersama,” ucap Hajri.

Diterangkannya, logo dibuat berdasarkan bentuk imajiner lingkaran. Artinya, lambang kemufakatan atau kesatuan tujuan. Sedangkan warna-warnya dipilih berdasarkan warna primer yang lazim dipakai dalam tradisi (budaya) masyarakat Banjar.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas