Desa Membangun Negeri
Rabu, 16 Sep 2020 01:57 WIB

Kabareskrim : Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada Serentak 2020

Reporter :  S Ramdani - Jakarta Pusat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

JAKARTA, metro7.co.id – Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk menindak tegas pelanggar protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada 2020. Sigit meminta jajarannya berpedoman pada peraturan protokol kesehatan.

“Pedomani seluruh peraturan Protokol Kesehatan pada setiap Tahapan Pemilihan. Berikut karakteristik kerawanan/pelanggaran berpotensi terjadi,” ujar Sigit dalam webinar Gakkumdu yang digelar secara virtual, Selasa (15/9/2020).

Terhadap pelanggar Protokol Kesehatan diminta agar penyidik cermat dan teliti menentukan jenis pelanggaran administrasi/pidana pemilihan/pidana umum. Apabila penyelenggaraan Pemilihan tidak melaksanakan Protokol Kesehatan, Polri dapat melakukan tindakan Gakum dengan sanksi yang tegas.

Sigit juga meminta para penyidik untuk menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penegakan hukum. Selain itu, Sigit juga meminta agar jajarannya itu mengaktifkan sistem backup di setiap tingkatan.

“Penyidik Sentra Gakumdu agar melengkapi Sarpras Protokol Kesehatan dalam upaya Gakum seperti APD, fasilitas TI, masker, dan upaya pihak lain yang menghindari proses lidik/sidik dengan alasan Covid-19. Aktifkan sistem Backup tingkat Polres, Polda maupun Bareskrim. Berdayakan Satgas Nusantara,” kata Sigit.

Halaman: 1 2 3

CLOSE