Home / Covid-19 / Ogan Komering Ulu (OKU) / Sumatera Selatan

Senin, 22 Juni 2020 - 16:47 WIB

Kabupaten OKU Zero Kasus Covid-19, jadi Zona Hijau

Reporter : Jum’ahludi - Kab. OKU Sumatera Selatan - Dibaca : 27 kali

OKU – Kabupaten Ogan Kumering Ulu (OKU) menjadi daerah hijau setelah tingkat kesembuhan pasien Covid -19 mencapai 100%.

Hal tersebut disampaikan saat konferensi pers Satgas Covid-19 Kabupaten OKU, bertempat di Pusat Pelayanan Informasi Aula SKB Baturaja, Senin (22/06/2020).

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten OKU, Rozali menginformasikan update data kemarin hingga hari ini Senin sampai pukul 10.00 WIB. Dimana ODP sebanyak 151 orang dan semuanya sudah selesai pemantauan, sedangkan PDP ada 10 orang dan kesemuanya sudah selesai pengawasan serta untuk terkonfirmasi positif ada 40 orang dan untuk pasien sembuh total ada sebanyak 40 orang.

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi yang juga selaku Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten OKU membuka konferensi pers dengan rasa haru dan bahagia serta mengucap syukur tingkat kesembuhan pasien positif di OKU kini telah mencapi 100%.

Baca Juga :  Tingkatkan Pengawasan di Perbatasan, Posko Covid-19 di Kelurahan Taniran Jadi Dua

Hal ini dengan telah keluarnya hasil swab pasien terakhir dari BBLK Palembang yang menyatakan 2 kali hasil swabnya negatif dan dinyatakan sembuh.

Dengan telah sembuhnya kasus positif Covid-19 terakhir di Kabupaten OKU ini, artinya kasus terkonfirmasi positif selama tiga bulan ini menjadi Nol (Zero kasus) dan pertanggal 21 juni 2020 Kabupaten OKU sudah berubah menjadi Zona Hijau.

“Kami meminta kepada masyarakat Kabupaten OKU yang mana kita tadinya berstatus unggu dan kini telah menjadi status zona hijau, menghimbau kiranya masyarakat agar tetap menjaga diri dengan mematuhi protokol kesehatan karena salah satu faktor penularan Covid-19 adalah mobilisasi atau pergerakan/kerumunan warga yang tidak disertai kewaspadaan,” katanya.

Pihaknya juga berharap di Kabupaten OKU ini tidak ada lagi penambahan kasus positif atau pun gelombang kedua.

“Harapan kita bersama semoga pandemi ini benar-benar berakhir di Kabupaten OKU,” katanya.

Baca Juga :  Temui Masyarakat, Bupati Tuasikal Abua : Jangan Percayai Isu Hoax Virus Corona Tidak Ada

Hal ini juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten OKU Khususnya tim kesehatan yang menjadi garda terdepan serta Gugus Tugas, Forkopimda dan DPRD OKU, TNI/Polri, seluruh stake holder baik itu BUMN/BUMD, komunitas dan kelompok sosial, penggiat medsos serta para insan pers dan lsm yang terus berkerja keras bersinergi dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten OKU.

Meski begitu, semua pihak diharapkan tetap waspada dengan tetap berusaha mencegah penyebaran, salah satunya dengan selalu mengikuti anjuran pemerintah, jangan panik, tingkatkan imunitas tubuh, jaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun, pakailah masker jika berpergian/keluar rumah serta selalu disiplin dan kesadaran individu menjadi kunci utama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. ***

Reporter : Jum’ah Ahludi / Ogan Kumering Ulu (OKU) – Sumatera Selatan.

Share :