Desa Membangun Negeri
Jumat, 3 Sep 2021 20:59 WIB

Kades Ononamolo II Diberhentikan Sementara

Reporter :  Regueli Gulo - Kab.Nias Barat, Sumatera Utara
Editor :  M Ali Nafiah Noor

NIAS BARAT, metro7.co.id –  Wakil Bupati Nias Barat Era Era Hia bersama Sekda Fakhili Gulo memimpin rapat tindak lanjut monitoring dan evaluasi pengelolaan keuangan Desa Ononamolo II Kecamatan Mandrehe Utara, Kamis (2/9/2021) di kantor camat setempat.

 

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi Desa bermasalah di Kecamatan Mandrehe Utara yang dilaksanakan di Kantor Camat Mandrehe Utara pada tanggal 14 Juli 2021 lalu.

 

Dalam pertemuan yang dimaksud, Era Era Hia mengambil kebijakan untuk memberhentikan sementara Kepala Desa Ononamolo II Yunus Waruwu dari jabatanya yang didasari dengan beberapa temuan. Namun, ketika temuan ini dapat diselesaikan maka Yunus Waruwu dapat diaktifkan kembali sesuai ketentuan dan perundang undangan yang berlaku.

 

Pertemuan tersebut diikuti oleh Asisten I Drs. Darman Gulo, Inspektur Nias Barat Drs. Yosafati Waruwu, Sekdis PMD Balasia Gulo S.Pd, Camat Mandrehe Utara Fatiso Zai, S.Pd, BPD Desa Ononamolo II, Tokoh masyarakat dan sejumlah hadirin lainnya.

 

Adapun hasil pertemuan sesuai yang termuat pada berita acara;

  1. Kepala Desa tidak dapat melaksanakan segala kesepakatan yang termuat pada berita acara monitoring dan evaluasi desa bermasalah pada tanggal 14 Juli 2021,
  2. Kepala Desa Ononamolo II an. Yunus Waruwu dilimpahkan kepada aparat penegak hukum,
  3. Kepala Desa Ononamolo II an. Yunus Waruwu diberhentikan sementara dari jabatan kepala Desa terhitung 2 September 2021,
  4. BPD Ononamolo II menyampaikan usulan Calon Penjabat kepala Desa Ononamolo II kepada Bupati Nias Barat melalui Camata Mandrehe Utara,
  5. Apabila dikemudian hari permasalahan telah diselesaikan oleh Yunus Waruwu maka yang bersangkutan dapat diaktifkan kembali sesuai ketentuan dan perundang undangan yang berlaku.

 

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2