Kadis Pertanian Bartim : Penyuluh Ujung Tombak Keberhasilan Petani

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 37 kali

TAMIANG LAYANG – Produksi telur ayam ras di Kabupaten Barito Timur Kalteng baru mencukupi kebutuhan pasar dalam kabupaten  sebesar 65% sedangkan sisanya dipenuhi dari telur ayam kampung, itik, dan puyuh.

Produksi telur ayam ras di Kabupaten Barito timur Kalteng masih tergolong kecil dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Kalimantan tengah dan Kalimantan Selatan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi peternakan ayam ras petelur  khususnya di Kabupaten Barito Timur Kalteng  yaitu dengan meningkatkan sumber daya manusia melalui peran, inovasi dan kinerja penyuluh dalam meningkatkan produksi dan keberdayaan peternak ayam ras petelur.

Baca Juga :  Kerahkan Pasukan Amankan Pilkades

“Tujuan penyukuhan ayam petelur Desa Siong ini juga  untuk menganalisis pengaruh peran, kinerja dan inovasi penyuluh terhadap keberdayaan peternak ayam ras petelur serta menganalisis pengaruh peran dan inovasi penyuluh terhadap kinerja penyuluh di Kabupaten Barito timur Kalteng,” ujar Kepala Dinas Pertanian Bartim Riza Rahmadi, kemarin.

Inovasi penyuluh lebih tinggi pengaruhnya dibandingkan dengan peran dan kinerja penyuluh dalam memberdayakan peternak ayam ras petelur.

Baca Juga :  Polres Bartim Amankan Oknum Bidan, Diduga Buka Praktek Aborsi Ilegal

Sebagai informasi bahwa ayam ras petelur yang ada di desa siong ini juga sebagai salah satu bentuk perhatian dari CSR PT. INDOPENTA SEJAHTERA ABADI (ISA), yang berada di wilayah Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur Kalteng.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu meningkatkan perilaku sikap dan keterampilan petani menuju kesejahteraan malalui konsep ekonomi kreatif ayam ras petelur,” imbuhnya.***

Reporter : Budi Irawan / Barito Timur – Kalimantan Selatan

Share :