Kadis PMD Bartim : Program Ayam Petelor Bertujuan untuk Menambah Penghasilan Masyarakat

Reporter : Budi Irawan - Kab.Barito Timur Kalimantan Tengah - Dibaca : 72 kali

 

TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Program pemberdayaan ayam petelor yang dijalankan oleh semua desa di Kabupaten Barito Timur bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa Kabupaten Barito Timur,  Barnusa, program ayam petelur yang menggunakan dana desa itu tujuan utamanya adalah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di desa, jadi program tersebut sangat baik.

“Program ayam petelor yang dijalankan semua desa di Bartim adalah untuk meningkatkan gizi masyarakat, dan sebagai persiapan dipindahkannya Ibukota Negara yang baru,” ucap Barnusa kemarin.

Ditambahkanya, dengan adanya program tersebut juga bisa menambah penghasilan masyarakat yang mau bekerja, misalnya dalam hal pembuatan kandang, dan pemeliharaan ayam petelurnya.

Dirinya juga menyebutkan, program tersebut pun menggunakan tahapan seleksi. Pihaknya juga melibatkan dinas peternakan setempat untuk konsultasi perawatan.

“Program ayam petelur sebenarnya hanya menjadi tambahan penghasilan di desa. Komoditas tersebut dinilainya punya prospek yang bagus. Kita harus bisa membedakan mana yang skala prioritas. Kalau karet tetap saja karet, sedangkan ini cuman bertujuan untuk ketahanan pangan dan menambah penghasilan,” pungkasnya.***

Share :