Desa Membangun Negeri
Selasa, 15 Sep 2020 21:42 WIB

Kapolda Sumut Minta Bhabinkamtibmas Berperan Aktif Tangani Covid-19

Reporter :  Ahmed Fauzi - Medan, Sumatera Utara
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MEDAN, metro7.co.id – Kapolda Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan peran dari unsur 3 pilar yaitu Kepala Desa/Lurah, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa sangatlah besar dan menjadi ujung tombak penanganan Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumut dalam Rakor Bhabinkamtibmas dengan tema “Peran Kamtibmas Dalam Penerapan Protokol Kesehatan, Ketahanan Pangan dan Menghadapi Pemilukada Tahun 2020” yang digelar di Hotel Garuda Plaza, Medan, Sumatra Utara, Selasa (15/09).

Kapolda Sumut mengingatkan, 3 pilar harus berperan aktif dalam mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Ia menegaskan, sanksi sosial berupa tindakan fisik bagi masyarakat yang melanggar.

“Namun tetap secara sopan dan humanis,” katanya.

Saat ini kasus positif Covid-19 di Sumut sudah mencapai 8.526 orang. Covid-19 tidak mengenal pangkat, jabatan dan status. Siapa saja dapat terpapar virus tersebut. Wilayah Sumut menduduki peringkat ke-7 Nasional terkonfirmasi Covid-19.

Irjen Martuani mengatakan, di hari pertama pelaksanaan Operasi Yustisi Tahun 2020, sudah ada sekitar 1.300 teguran kepada masyarakat yang tidak mematuhi anjuran protokol kesehatan. Mayoritas pelanggar, sambungnya, adalah para pelaku usaha.

Halaman: 1 2 3

CLOSE