Desa Membangun Negeri
Minggu, 13 Sep 2020 23:15 WIB

Karang Karang Taruna Satria Bakti Sumberreja Sulap Pekarangan Menjadi Lahan Sayur

Reporter :  Warja Mustofa - Kab.Bekasi, Jawa Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BEKASI, metro7.co.id – Lahan sempit bukan alasan untuk tidak menanam. Buktinya, di pekarangan rumah pun bisa tumbuh sayur.

Itulah yang dilakukan pemuda dari Desa Sumberreja, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa barat. Terhimun dalam organisasi Krang Taruna Satria Bakti, pemuda Sumberreja menyulap pekarangan menjadi kebun sayur.

Ketua Karang Karang Taruna Satria Bakti, Asep Saepudin ,mengatakan, pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelancaran distribusi pangan di berbagai wilayah. Memenuhi itu, mereka berinisiatif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

“Melalui optimalisasi lahan sekitar,” jelas Asep kepada metro7.co id, Minggu (13/09/20).

Ditambahkan Asep ,pekarangan ini dimanfaatkan menjadi demontration plot (Demplot) dengan berbagai komoditas pangan khususnya sayuran.

“Ada berbagai macam sayur seperti kangkung , sawi , bayam,” katanya.

Ia pun mengaku , pihaknya mengerjakan lahan dengan cara kerja bhakti, mencangkul dan membuat lahan sampai menyemai bibit sayuran hingga panen.

“Selain itu ,Demplot Ini juga sebagai tempat pembelajaran ,sehingga hal tersebut dapat menarik minat masyarakat agar tertarik melakukan hal serupa,” terangnya.

Halaman: 1 2

CLOSE