Desa Membangun Negeri
Senin, 14 Sep 2020 23:47 WIB

Kasat Binmas Polres Kubu Raya Hadiri Acara Sedekah Bumi Di Desa Jawa Tengah

Reporter :  Chairil Anwar - Kota Pontianak, Kalimantan Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KUBURAYA, metro7.co.id – Kasat Binmas Polres Kubu Raya, Iptu Suharto menghadiri acara Sedekah Bumi (Bersih Desa) di Desa Jawa Tengah Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (14/09/2020).

Sedekah Bumi atau Bersih Desa merupakan adat Jawa dalam pelestarian budaya berupa tasyakuran kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan limpahan rezeki dari hasil bumi. Kegiatan ini digelar setiap bulan Muharram pada kalender jawa dan dilaksankan pada hari Senin Manis.

Pelaksanaan Sedekah Bumi di Desa Jawa Tengah, tepatnya di Rumah Besar Wakesan Gendon, Dusun Karya 1 RT 1 RW 2. Kali ini, lebih spesial karena dihadiri sejumlah tokoh. Diantaranya Kasat Binmas Polres Kubu Raya, Iptu Suharto.

Saat ditemui, Kasat Binmas Iptu Suharto mengatakan, pihaknya mendukung terlaksananya kegiatan Sedekah Bumi oleh Paguyuban Jawa. Ini menurutnya merupakan salah satu budaya yang harus dilestarikan.

“Adat istiadat jawa yang sudah dilaksanakan turun temurun yang harus kita lestarikan. Ini sebagai bentuk toleransi antar lintas etnis di Kabupaten Kubu Raya, khususnya di kecamat ambawang,” Kata Suharto.

Halaman: 1 2

CLOSE