oleh

Kebersamaan Desa Malintut Diapresiasi

TAMIANG LAYANG – Senergitas Pemerintah Desa dengan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Desa Malintut dalam hal membangun desa dan mensejahterakan masyarakatnya memang tidak perlu diragukan lagi.

Berbagai program dan pembangunan yang dilaksanakan didesa tersebut membuat masyarakatnya nampak sejahtera berkat pembangunan yang diawali dengan rembuk antara masyarkat, BPD dan Pemerintah Desa.

Dengan demikian, aspirasi masyarakat dapat diketahui sehingga apa yang diharapkan masyarakat tersalurkan kepada pemerintah desa dan BPD. Dengan demikian, program maupun pembangunan yang nantinya akan dibangun menjadi tepat sasaran karena sudah melalui rembuk atau rapat dengan melibatkan semua pihak.

Menurut Plt Camat Raren Batuah Kabupaten Barito Timur, Kalteng Prismayandi. SSTP. saat menghadiri musyawarah Pra pelaksanaan Penggunaan ADD dan DD Tahap I 20% di Balai Desa Malintut kamis 29 Mei 2019 lalu, dirinya sangat menyambut baik dan juga sangat mengapresiasi langkah keterbukaan pemerintah desa Malintut.

“Kita sangat mengapresiasi kepada BPD, Pemerintah Desa dan juga masyarakat Desa Malintut dalam hal membangun Desa melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa(DD),” katanya.

Kebersamaan dan selalu mengedepankan musyawarah dalam setiap merencanakan pembangunan, sehingga hasil dari pembangunan maupun program pemerintah desa bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Malintut Yunus .AG juga mengungkapkan, keberhasilan pihaknya untuk memajukan desa dan masyarakat tak lepas dari dukungan masyarakat dan selalu mengedepankan musyawarah.

“Apabila Dana Desa keluar/cair, kita selalu mengundang masyarakat untuk bermusyawarah untuk melaksanakan penggunaannya serta pelaksanaannya nanti juga kita selalu melibatkan masyarakat setempat, dengan demikian, masyarakat mendapatkan penghasilan buat keperluan rumah tangganya,” terang Kades.

Senada dengan kades, Ketua BPD Sukarto mengatakan, bahwa apa yang dilaksanakan oleh pemerintah desa sekarang ini adalah betul-betul menjalankan aspirasi dari masyarakat.

“Buktinya kenapa lihat apa yang tertera di spandok Tranparansi APBDes ini adalah murni dari usulan masyarakat yang kami kordinir di tiap-tiap RT/RW. Selanjutnya kami paripurnakan di kantor BPD sebelum kami serahkan ke pemerintah desa untuk ditetapkan di RKPDes yg akhirnya dituangkan di APBDes,” katanya.

Dipastikannya, semua program maupun pembangunan yang sedang berjalan maupun yang sudah, sangat dirasakan masyarakat manfaatnya. Sebab, hal itu murni dari permintaan masyarakat melalui hasil musyawarah. (metro7budi).