Desa Membangun Negeri
Senin, 15 Mar 2021 18:23 WIB

Kelas Lapangan TMMD Sinergitas TNI-Dispersip Cerdaskan Anak Pariangan

Reporter :  Nurul Hayati - Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Editor :  Ismitullah

 

KANDANGAN, metro7.co id – Kampung Pariangan merupakan salah satu kampung yang ada di Kec. Padang Batung kota Kandangan dan merupakan daerah budaya, dimana daerah ini tidak lepas dari peran sejarah dalam pergerakan kemerdekaan menghadapi penjajah, maka tidak heran disekitar wilayah ini terdapat jejak-jejak peninggalan ataupun benda-benda bersejarah pada masa penjajah.

Kampung Pariangan yang terletak di desa Batu Bini Kec. Padang Batung Kab. HSS (Kandangan) Kalimantan Selatan yang berjarak 30 km dari pusat kota Kandangan merupakan kampung yang tergolong tertinggal, kampung dengan kondisi geografis berupa dataran tinggi atau pegunungan Meratus (Loksado) sehingga menyebabkan kampung ini terisolir, ditambah lagi insfrastruktur jalan yang hanya berupa jalan setapak untuk menghubungkan ke desa tetangga yaitu desa Malilingin.

Kampung Pariangan yang mempunyai luas wilayah 203,93 Km², jumlah penduduk 2,057 jiwa terdiri dari laki-laki 1,047 jiwa perempuan 1,010 jiwa, penduduk mayoritas suku Banjar berjumlah 2.050 jiwa dan suku Jawa 19 Jiwa. Mata pencaharian masyarakat mayoritas sebagai petani. Latar belakang pendidikan SD 20%, SMA 30 %, PT 10 % dan sisanya tidak tamat SD.

Halaman: 1 2 3 4 5 6 7 8

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas