Desa Membangun Negeri
Rabu, 4 Nov 2020 18:22 WIB

Kementerian Kesehatan RI Lakukan Kunjungan ke Sinjai

Reporter :  DBG Rasyid - Kota Makasar, Sulawesi Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

SINJAI, metro7.co.id – Tim Kementerian Kesehatan RI melakukan kunjungan di Kabupaten Sinjai, Rabu (4/11/2020). Kunjungan ini dalam rangka melakukan penilaian eliminasi malaria secara tatap muka di Dinas Kesehatan.

Tim penilai tersebut masing-masing, Staf P.M&E GF Malaria Kemenkes RI, dr Lukman Hakim, Staf Subdit Malaria dr. Minerva Theodoro, Staf P, M&E GF Malaria Agung Pratama, Expert Malaria Drs. winarno

“Beberapa minggu lalu Kabupaten Sinjai sendiri sudah melakukan presentase assesment di Komisi Besar melalui virtual, dan untuk menvalidasinya kami turun langsung di lapangan,” ungkap
Staf P.M&E GF Malaria Kemenkes RI, dr Lukman Hakim.

Penilaian tersebut, yakni penilaian berkas Dinas Kesehatan terkait kasus malaria yang terjadi dan uji lapangan mengenai kasus tersebut di pusat layanan kesehatan, serta beberapa penilaian lainnya.

Dengan adanya penilaian ini, lukman berharap, tahun ini Kabupaten Sinjai bisa mendapat eliminasi malaria atau sertifikat eliminasi. Tetapi untuk mendapatkan hal itu, tiga hal yang menjadi syarat utama harus dipenuhi.

“Pertama sudah harus mencapai Annual Parasite Incidence atau Endemis Malaria kurang dari 1/1000. Terus dalam kegiatan penemuan survelensnya itu sudah harus mencapai positifirit kurang dari 5 persen. Nah disini (Sinjai-Read) sudah memenehui dua ini,” ujar Lukman.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas