oleh

Kenalkan Hidroponik ke Pemuda, Dinas Pertanian Gelar Pelatihan Budidaya Hultikultura

TAMIANG LAYANG – Penyuluh Pertanian Kabupaten Barito Timur Kalteng menggelar pelatihan budidaya Hortikultura dengan metode hidroponik di BPP dusun Timur kabupaten Barito Timur, Selasa, (25/6).

Pelatihan yang diikuti penyuluh pertanian, pemuda tani, karang taruna ini mendatangkan Penyuluh Pertanian Dari Dinas Pertanian Bartim sebagai pembicara.

Dalam pelatihan ini dikenalkan metode hidroponik dengan menggunakan barang yang dianggap belum dimanfaatkan.

“Di sekitar kita banyak sekali barang-barang bekas yang jika dibuang begitu saja akan mengotori dan menurunkan kualitas lingkungan. Namun akan menjadi lebih bermanfaat jika barang-barang bekas yang tidak digunakan di sekitar kita, bisa kita gunakan lagi sebagai media menanam sayuran dengan metode hidroponik,” jelas salah satu penyuluh pertanian.

Hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan memanfaatkan air, tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Menanam dengan metode hidroponik sangat tepat diterapkan bagi yang memiliki keterbatasan lahan, karena menanam dengan metode ini dapat dilakukan di lahan-lahan terbatas seperti halaman rumah, teras rumah, dan lahan sempit lainnya.

Sementara itu, Adrianto mengatakan, Dengan menerapkan sistem hidroponik ini didapatkan beberapa kelebihan diantaranya penggunaan lahan yang efisien, berproduksi tanaman tanpa menggunakan tanah, kualitas tanaman lebih bersih dan sehat (organic), serta pengendalian hama dan penyakit yang mudah.

“Alhamdulillah pelatihan ini dapat berjalan lancar, peserta dari semua kalangan juga antusias semua. Insya Allah dalam waktu dekat kita akan memulai secara bersama-sama menanam hidroponik di Desa lagan Kecamatan Karusen Jannang dan Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah.

Semoga dengan adanya program hidroponik ini dapat memanfaatkan barang-barang bekas tak terpakai, dan hasil tanamannya dapat membantu ketahanan pangan keluarga di desa sibung .” ungkap Andrianto pemuda tani Desa Sibung. (metro7/budi).