oleh

Kenalkan Manfaat Toga di Sekolah, Puskesmas Edison Jaar Diapresiasi

TAMIANG LAYANG – UPTD Puskesmas Edison Jaar kabupaten Barito Timur lakukan sosialisasi Tanaman Obat Keluarga (Toga) di SMPN 4 Tamiang Layang kemarin.

Menurut salah satu perwakilan dari Puskesmas Edision Jaar, kegiatan ini adalah merupakan upaya untuk mengenalkan ragam tanaman obat serta khasiatnya kepada anak didik, untuk bisa dipraktikkan dengan menanam di rumah masing-masing.

“Ini yang pertama dilakukan di SMPN 4 Tamiang Layang. Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini dapat memotivasi para siswa untuk menanam obat di pekarangana rumahnya masing – masing,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Negeri 4 Tamiang Layang kabupaten Barito Timur Friet Hugo mengatakan begitu sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Puskesmas Edison Jaar.

“Saya selaku Kepsek disini mengucapkan terima kasih kepada pihak petugas dari Puskesmas Edison Jaar, khususnya dari bagian gizi yang mana sudah memberikan pengetahuanya mengenai toga kepada siswa – siswi kami,” ujarnya, Rabu (2/10).

Dirinya mengatakan, penyuluhan atau sosialisasi tersebut hanya diikuti siswa dari kelas VIIII.

Ia mengharapkan dengan kegiatan tersebut para siswa dapat mengenal bahan-bahan obat. Misalnya kalau ada orang menawarkan jenis obat tetapi tidak ada mengandung obat, maka jangan dikonsumsi.

“Jadi mereka harus tau kandungannya seperti apa, jangan asal kunsumsi tetapi tidak tau kandungannya seperti apa,” ucapnya.

Ditambahkanya, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Bahkan disekolah juga ksudah kenalkan dan bimbing untuk menanam toga.

“Dikebun sekolah juga kita sudah ajak siswa untuk menanam toga, seperti kencur, kunyit, jahe dan lainya, dengan tujuan agar para siswa mampu memahami serta mengetahui alternatif obat dari tanaman toga, yang sehari-hari mudah didapatkan. Siswa juga mengerti apa saja manfaat yang didapat dari tanaman tersebut. Dan kita juga sangat berharap agar siswa dapat meramu sendiri toga untuk dijadikan obat,” pungkasnya. (metro7/budi).