Home / Aceh / Aceh Tenggara / Berita Utama

Sabtu, 27 Juni 2020 - 17:40 WIB

Kepala Desa Kute Alukh Baning Belum Kembalikan Uang Dana Desa

Reporter : M Yusuf - Kab.Aceh Tenggara, Aceh - Dibaca : 187 kali

ACEH TENGGARA, metro7.co.id  –  Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kute Alukh Baning Kecamatan Babul Rahmah Kabupaten Aceh Tenggara, sudah melebihi 60 hari kerja belum ada pengembalian dan dipertanggung jawabkan oleh kepala desa.

Hal itu terkait laporan dugaan penyalahgunaan wewenang dan penyalahgunaan dana desa Kute Alukh Baning anggaran  tahun 2018-2019 yang di laporkan oleh LSM KPK-N, ke Bupati Aceh Tenggara pada tanggal (18/01/2020) lalu.

Menurut Junaidi Sinaga ketua PKN-N Aceh Tenggara, kepada wartawan media ini, Sabtu (26/06/2020) di kantor nya, mengungkapkan bahwa laporan tersebut sudah dilakukan pemeriksaan dan di investigasi khusus ke lapangan oleh Irban III dari Inspektorat serta di dampingi LSM KPK-N sebagi pelapor.

Baca Juga :  Nyanyian Ujang dan Bagong Seret Ari Sang Pemasok Sabu

Pada tanggal 27 Pebruari 2020 tadi juga dilakukan sidang gelar Ekspos Laporan Hasil Pemeriksaan di ruang sidang Inspektorat Aceh Tenggara.

Dari hasil keputusan sidang exspos di ketahui menimbulkan kerugian negara yang wajib dikembalikan dan dipertanggung jawabkan secara administrasi, sebesar Rp 351.852.000,-, selama 60 hari kerja.

“Juaidi ketua LSM KPK-N mendesak agar inspektorat Aceh Tenggara secepatnya menindak lanjuti atau melimpahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kute Alukh Baning ke Aparat Penegak Hukum (APH)

Baca Juga :  Airlangga: Pemerintah Beri Bonus Stimulus Anggaran untuk Daerah yang Berhasil Tangani Covid-19

“Karena sampai saat ini Kepala Desa Alukh Baning tidak ada itikat baik untuk mengembalikan dan mempertanggug jawabkan perbuatannya itu sudah lewat 60 hari yang di tetapkan oleh inspektorat,” ungkapnya.

Sementara menurut bagian tindak lanjut Inspektorat Aceh Tenggara, Irban III saat dikonfirmasi wartawan membenarkan sudah lebih 60 hari bahkan hingga saat ini Kepala Desa Kute Alukh Baning belum ada pengambilan serta pertanggung jawabkan. ***

Share :