MANGGARAI BARAT, metro7.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo didampingi Deputi Bidang Pelayanan Publik, Diah Natalisa dan Sekretaris Kementerian PANRB, Dwi Wahyu Atmaji menyambangi Mako Polres Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (22/10/2020).

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, menyambut kedatangan Menteri Tjahjo Kumolo secara adat Manggarai menyematkan topi Re’a dan Selendang tenun khas Manggarai.

Pantauan metro7.co.id, tiba di Mako Polres Mabar, Menteri Tjahjo bersama rombongan langsung menuju ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Polres Manggarai Barat. Di Mako Polred Mabar itu, Menpan-RB juga mengecek sejumlah fasilitas pelayanan publik di Satpas SIM, Unit Pelayanan SKCK, Sidik Jari dan Perijinan.

“Tujuan datang di Labuan Bajo untuk monitoring dan pembinaan di daerah–daerah tujuan wisata. Labuan Bajo ini adalah daerah tujuan wisata internasional. Maka, pemerintah daerah, kepolisian dan semua pihak harus siap melayani,” kata Tjahjo Kumolo.

Selain itu, Menpan-RB juga mengingatkan kepolisian setempat untuk memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan di Kota Labuan Bajo. Polri harus merubah citra Kepolisian Manggarai Barat menjadi Polisi pariwisata.

“Kepolisian harus menjaga keamanan, ketertiban masyarakat. Sehingga orang datang ke Labuan Bajo merasa aman dan nyaman. Orang mengurus SIM juga harus dilayani dengan cepat, memperpanjang SIM juga begitu,” ujarnya.

Usai menyambut kunjungan Menpan-RB, Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo menegaskan komitmen Polres Mabar terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Menpan-RB, kata Kapolres, meninjau salah satu pusat pelayanan masyarakat di Polres Mabar yaitu, satuan lalu lintas. Mengecek pelayanan SIM dan juga fasilitas yang sedang dibangun yang dipersiapkan untuk melayani masyarakat.

“Tujuan beliau datang untuk memastikan semua pelayanan publik yang dilakukan semua aparatur negara termasuk Polri dan ASN sesuai dengan SOP serta peraturan yang dikeluarkan pemerintah,” jelas AKBP Bambang Hari Wibowo.

Kapolres menjelaskan, Polres Mabar baru saja mendapatkan penambahan 60 personil baru untuk memperkuat kinerja personil Polres Mabar sebagai daerah tujuan wisata.

“Minggu lalu kita mendapat penambahan 60 personil baru. Tujuannya untuk peningkatan pelayanan publik, khususnya masyarakat Manggarai Barat dan wisatawan yang mengunjungi Labuan Bajo,” terang Kapolres AKBP Bambang Hari Wibowo.

Selain mengunjungi Mako Polres Mabar, Menteri Tjahjo Kumolo juga meninjau pelayanan publik di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mabar. *