Desa Membangun Negeri
Sabtu, 12 Sep 2020 01:01 WIB

Kepulauan Meranti Segera Miliki Dua Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Reporter :  Sahdan - Kab. Kepulauan Meranti, Riau
Editor :  M Ali Nafiah Noor

SELATPANJANG, metro7.co.id  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti akan segera menerima hibah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang telah dibangun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kemen ESDM).

Demikian hasil rapat koordinasi (rakor) antara Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, dengan sejumlah pejabat Direktorat Jenderat (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM di Hotel Novotel, Tanggerang, Kamis (11/09/2020).

PLTS itu sendiri telah dibangun di dua lokasi yakni; Desa Lemang Kecamatan Rangsang Barat dan Desa Teluk Samak Kecamatan Rangsang. Pembangunan dilakukan tahun 2015 lalu dimana masing-masing PLTS memiliki kapasitas 150 KWP (kilowatt-peak).

“Alhamdulillah pihak Kementerian bersedia menghibahkan pembangkit tersebut kepada kita agar nantinya bisa kita integrasikan dengan jaringan PLN di daerah tersebut,” ungkap Bupati Irwan yang dalam pertemuan itu didampingi Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Abu Hanifah.

Irwan menambahkan bahwa selama ini pihaknya belum mau menerima hibah PLTS tersebut karena belum dapat difungsikan. Nantinya, sebelum serah terima hibah dilakukan, pihak Kementerian ESDM akan menyiapkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) sehingga aset PLTS yang diterima benar-benar fungsional

Halaman: 1 2 3

CLOSE