Home / Desa Membangun Negeri / Tanjung (Tabalong)

Kamis, 25 Juni 2020 - 23:07 WIB

Kerukunan Diantara Keberagaman jadi Kunci Sukses Desa Warukin

Reporter : Alim Haidar Nafi - Tabalong Kalimantan Selatan - Dibaca : 47 kali

 

TANJUNG, metro7.co.id – Perkembangan desa-desa di seluruh Indonesia meningkat signifikan untuk beberapa tahun terakhir, hal ini pun dialami oleh Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong.

Perkembangan pesat ini tidak lepas dari peran apartur desa tersebut dan juga warga desanya. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Warukin, Dedy Unjang

“Sejak 2016 awal desa warukin ini mengalami peningkatan yang sangat pesat, diantaranya dapat dilihat dari pembangunan yang sangat luar biasa seperti jalan desa maupun lintas provinsi yang sudah mulus dan bagus, adanya kantor PKK, Perbaikan Posyandu, pembangunan kantor desa, dan lainnya,” katanya.

Iapun menambahkan bahwa perkembangan pesat ini bisa terjadi adanya dana desa dan andil peran aparatur desa serta masyarakat juga turut membantu membangun desa Bersama sama.

“Perkembangan yang pesat ini tidak lepas dari peran adanya dana desa kemudian di bantu oleh masyarakat yang bekerjasama dengan aparatur desa. Hingga pada 2016 Desa Warukin mewakili kabupaten dalam lomba desa hngga ke tingkat provinsi dan mendapat juara 2 ” tambah Dedy.

Baca Juga :  Calon Bupati Tabalong Arifin Noor dan Calon Wakil Bupati Abdel Fadillah

Iapun menerangkan bahwa penggunaan dana desa disampaikan secara terbuka kepada masyarakat.

“Pemerintahan desa pun dalam penggunaan dana desa disampaikan secara terbuka baik melalui media social seperti facebook kami “Pemdes Warukin”, maupun melalui baliho dan papan pengumuman resmi yang kami miliki,” terang Dedy.

Selanjutnya disampaikannya bahwa Musrembangdes selalu dilaksanakan setiap tahun sebagai media komunikasi kepada masyarakat.

“Dalam proses pembangunan desa, tak lupa setiap tahunnya selalu kami adakan Musrembangdes. Melalui inilah usulan – usulan masyarakat bisa kami dengar,“ lanjut Dedy.

Iapun turut berharap diakhir masa jabatan nantinya di 2021 ia bisa menyelesaikan pembangunan isnfastruktur Desa Warukin.

Baca Juga :  Tiga Rumah Tidak Layak Huni Selesai Direhab, TMMD di Ribang Desa Hayup

“Hingga saat ini pembangunan infrastruktur di desa warukin sudah mencapai sekitar 95%. Harapan kami kedepan kami bisa menyelesaikannya dan tinggal merawatnya saja dan bisa melirik kepada kegiatan kemasyarakatan sehingga bisa menstimulus perekonomian desa nantinya,” imbuh Dedy.

Kerukunan diantara Keberagaman masyarakat pun diakuinya menjadi salah satu titik kekuatan Desa Warukin.

“Masyarakat disini pun sangat beragam, perbedaan pendapat, sifat dan lain lain pun menjadi hal yang biasa disini. Ini bukan menjadi penghalang tetapi malah menjadi titik kekuatan kita, dimana kami di kompalin maupun di sanggah masyarakat, artinya disiti harus kami perbaiki. Dan hal inilah yang membuat hingga hari ini masyarakat itu tidak ada demo, komplain maupun hal lain, karena apa yang masyarakat sampaikan kami pelajari dan koreksi,“ tegas Dedy. (metro7/lim)

Share :