Home / Batu Licin (Tanah Bumbu) / Covid-19

Jumat, 19 Juni 2020 - 12:30 WIB

Kesadaran Masyarakat Kurang, GTTP Minta Tanah Bumbu Perkuat Edukasi Pencegahan Covid-19

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 99 kali

BATULICIN – Penyebaran informasi dan edukasi terkait pencegahan penularan Covid-19 di Tanah Bumbu sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu. Respon masyarakat pun beragam, ada yang benar-benar mematuhi, ada pula yang sekedarnya saja.

Hal ini tentunya menjadi perhatian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus memberikan edukasi dan informasi demi terciptanya rutinitas masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19.

Dipimpin oleh Kepala Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Kalimantan Selatan (UPTD PPA) yang merupakan Ketua Tim koordinator bidang sosialisasi dan edukasi GTPP Covid-19 Tim Gugus Tugas Kalsel, Riko Ijami menyampaikan pentingnya melakukan edukasi secara berulang-ulang.

“Edukasi harus dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus, dimana dengan cara tersebut kita harapkan akan melekat dalam ingatan masyarakat dan berubah menjadi suatu tindakan positif”, ujarnya Jum’at (19/6/2020).

Baca Juga :  Janjian Lewat Medsos, Pasangan Mesum di Tanbu Digerebek saat Ngamar di Hotel

Dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi ini terkait dengan protokol kesehatan Covid-19. Riku pun mengharapkan ada langkah yang lebih inovatif dalam melaksanakan pola edukasi yang refresif baik secara gabungan atau terorganisir.

“Upaya sosialisasi dan edukasi telah dilakukan dengan masif, kami kemaren sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Simpang Empat, dimana seluruh Lurah dan Kepala Desa kami undang untuk datang,” ujarnya.

Riku menyampaikan bahwa sampai saat ini masih ditemukan masyarakat yang belum memahami cara penyebaran Covid-19 dan dampak yang ditimbulkan. Masih kurangnya kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19, ditambah masih banyaknya informasi tidak benar (hoax) yang beredar dan tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Tugas kita untuk memberikan edukasi dan informasi yang benar secara terus menerus agar masyarakat paham betul dan memiliki kesadaran untuk melakukan langkah-langkah pencegahan seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan”, tambahnya.

Baca Juga :  Bupati Anang Minta Semua Pihak Pahamkan Masyarakat Bahaya Covid-19

Dalam hal sosialisasi dan edukasi ini upaya yang lebih masif telah dilakukan, diantaranya dengan membuat media komunikasi publik seperti baleho, spanduk, leaflet atau stiker secara menyeluruh hingga kepelosok kecamatan.

“Sesuai dengan intruksi Ketua Tim gugus tugas Provinsi Kalsel, maka kami membuat spanduk dan stiker untuk di sebar keseluruh kelurahan dan Desa yang ada di Kabupatrn Tanah Bumbu,” ujarnya.

Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 17 – 23 Juni 2020 dan terbagi dari tiga tim untuk di wilayah Tanah Bumbu. ***

Reporter : Muhammad Khairil Ansyari / Tanah Bumbu – Kalimantan Selatan.

Share :