oleh

Keterbatasan Anggaran, Pemda Gandeng PT Arutmin Gelar Pelatihan Pencari Kerja di Kotabaru

-Kotabaru-796 views

KOTABARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) mengadakan pelatihan untuk operator alat berat bagi para tenaga pencari kerja di Kotabaru.

Dikarenakan ada keterbatasan anggaran, maka Disnakertrans bekerja sama dengan pihak perusahaan PT Arutmin.

Kepala Dinasnakertrans Kotabaru, Sugian Noor menyambut baik respon dari pihak PT Arutmin, yang berkenan mengadakan pelatihan tenaga kerja dengan mendatangkan infrastruk yang bersertifikat dan ahli dibidangnya.

“Sebanyak 20 peserta yang akan dilatih, terdiri dari 14 peserta dari umum yang kami rekrut dan 6 peserta dari PT Arutmin. Pelatihan ini direncanakan berlangsung selama 220 jam atau setara dengan 30 hari, yang dimulai dari jam 08.00 sampai jam 16.00 wita, bertempat NPLCT Kotabaru,” kata Sugian saat membuka pelatihan, Selasa (30/7).

Sugian juga berharap ada kerjasama dengan pihak perusahaan lainnya yang ada di Kotabaru kedepannya.

Port Manager NPLCT Kotabaru Hafiz S Iwan, mengatakan untuk di NPLCT ada tersedia alat berat seperti, dozer, excavator, loader dan Grader.

“Mudahan alat-alat ini bisa jadi alat latihan,” ujarnya.

Hafiz menambahkan bahwa kegiatan PT Arutmin juga konsen di dunia pendidikan. Misal kata dia, yang beberapa waktu lalu dilakukan Arutmin bekerjasama dengan Poltek Kotabaru untuk penyediaan perpustakaan.

“Di Arutmin kami juga memberikan peluang untuk magang. Ada sekitar 20 sampai 30 anak-anak magang dari jurusan teknik mesin, elektro juga ekonomi dan keadministrasian yang silih berganti magang sampai saat ini,” katanya.

Sementara itu Sekda Said Akhmad mengucapkan terima kasih kepada pihak PT Arutmin Indonesia atas kerjasama dan terlaksananya kegiatan pelatihan.

Ia juga meminta kepada peserta untuk mengikuti kegiatan dengan serius semangat dan penuh tanggung jawab

“Jangan sia-siakan kesempatan ini. Bangun komunikasi yang baik dengan instruktur,” kata Said. (metro7/syn).