Desa Membangun Negeri
Rabu, 17 Feb 2021 14:02 WIB

Kodim 1402/Polmas Dampingi Warga Terapkan Pertanian Organik

Reporter :  Ansar Arif SOfyan - Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

POLMAN, metro7.co.id – Upaya meningkatkan pangan dengan teknologi organik juga dilakukan TNI. Contohnya, seperti yang dilakukan Kodim 1402/Polmas.

Kodim 1402/Polmas terus melakukan pendampingan terhadap petani. Selasa (16/2/2021) tadi, petani di Desa Kurma, Kecamatan Mapili, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, memanen padi organik.

“Tanaman padi ini sudah yang kedua kalinya kita coba menggunakan teknologi organik. Alhamdulillah, semua mengalami peningkatan,” ucap Dandim 1402/Polmas, Letkol Arh Purnomo, saat menghadiri panen petani Desa Kurma.

Menurutnya, sektor pertanian harus terus berkembang agar ketersediaan pangan mencukupi di masa pandemi. Katanya, dalam kondisi apa pun, semua orang akan tetap membutuhkan hasil pertanian.

Sementara itu, Kepala Desa Kurma, Jais, mengaku berterima kasih kepada Kodim 1402/Polmas yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat desa untuk meningkatkan sektor pertanian dengan teknologi organik.

“Ini sangat baik,” ucapnya.

Ia berharap, masyarakat betah menerapkan teknologi organik untuk pertaniannya. Karena menurutnya, selain hemat biaya, hasil pertanian organik sangat baik untuk kesehatan.

“Kita lihat di lahan percontohan ini, panen sebelumnya hanya mendapat sekitar 22 karung. Panen saat ini dengan menggunakan pupuk organik ada peningkatan sampai 28 karung dan bobotnya juga cukup berat,” pungkasnya.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas