Koran Metro7 Online

Kodim Maybrat Diresmikan, Bupati Bernard Sagrim siap Berikan Dukungan

 

SORONG, metro7.co.id – Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri meresmikan Kodim 1809/Maybrat, yang berada di jajaran Korem 181/PVT Kodam XVIII/Kasuari, Jumat (26/3).

Selain meresmikan Kodim, Danrem 181/PVT juga sekaligus melantik Letkol Inf Harry Ismail sebagai Dandim pertama di Kodim 1809/Maybrat.

Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri yang di wawancarai awak media mengatakan, sejalan dengan rencana strategis penataan organisasi Kodam XVIII/Kasuari tahun 2020-2024 tentang pembangunan kekuatan, kemampuan dan gelar Kodam XVIII/Kasuari, maka tahun 2021 akan dilaksanakan secara bertahap peresmian beberapa satuan baru.

Peresmian Kodim 1809/Maybrat ditandai dengan pengguntingan pita oleh Danrem 181/PVT bersama Bupati Maybrat Bernard Sagrim.

“Dengan adanya peningkatan status dan alihkodal guna melengkapi organisasi yang telah ada saat ini, maka pada hari ini saya telah meresmikan Kodim 1809/Maybrat. Berkaitan dengan hal tersebut, saya selaku Danrem 181/PVT dan pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada unsur terkait, yang telah membantu dalam proses penyiapan lahan dan fasilitas markas Kodim 1809/Maybrat,” ungkap Danrem 181/PVT dalam Upacara Peresmian Kodim 1809/Maybrat Korem 181/PVT Kodam XVIII/Kasuari, yang berlangsung di Lapangan Apel Makorem 181/PVT, Jumat (26/3).

Menurut Danrem 181, kehadiran Kodim di wilayah Kabupaten Maybrat diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan bersinergi dengan pemerintah daerah, membantu Bupati selaku kepala daerah melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Hal ini guna membangun Kabupaten Maybrat menjadi daerah yang aman, damai, lebih maju dan sejahtera di kemudian hari.

“Dalam pelaksanaan tugas kedepan, prajurit Kodim 1809/Maybrat sebagai insan teritorial diharapkan dapat selalu meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam menjalankan tugas sebagai landasan moral. Selanjutnya pedomani sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI dalam menjalankan tugas pembinaan teritorial,” harapnya.

Orang nomor satu di jajaran Korem 181/PVT ini juga berharap, agar para prajurit Kodim 1809/Maybrat dapat menjaga kesehatan melalui pembinaan fisik serta membangun semangat jiwa korsa dan kerjasama tim yang solid.

“Jaga nama baik satuan, segera beradaptasi dengan lingkungan tugas yang baru sebagai amanah dari Tuhan Yang Maha Esa dan prajurit harus dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat masyarakat di wilayah tersebut.

“Kemudian laksanakan tugas pembinaan teritorial dengan mengedepankan pendekatan persuasif dan humanis, serta menghargai kearifan lokal masyarakat setempat. Prajurit juga harus menjalin kerjasama dan sinergi dengan forkompinda, tokoh adat, tokoh agama dan segenap komponen masyarakat lainnya, dalam rangka membangun Kabupaten Maybrat serta melakukan pembenahan pangkalan secara bertahap dan kembangkan inovasi dan kreatif dengan tulus dan ikhlas bagi kemajuan Kodim 1809/Maybrat,” pungkas Danrem 181/PVT.

Sementara itu, Bupati Maybrat Bernard Sagrim menambahkan, Pemerintah Kabupaten Maybrat menyambut baik dengan adanya kehadiran Kodim 1809/Maybrat. Menurutnya, dengan hadirnya Kodim di Maybrat, maka akan semakin memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam beraktivitas.

“Kita bersyukur kepada Tuhan atas keputusan Kepala Staf Angkatan Darat untuk membentuk Kodim di Maybrat. Kami Pemerintah Kabupaten maybrat satu visi dengan Korem 181, yaitu dalam membangun bangsa dan mensejahterakan seluruh masyarakat, tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja tapi butuh sinergitas dari semua pihak,” tegasnya.

Dengan terbentuknya Kodim 1809/Maybrat, kata Bernard Sagrim maka Pemerintah Kabupaten Maybrat berkomitmen untuk memberikan dukungan dalam segala hal. Diantaranya memberikan dukungan lahan seluas 2 hektar yang berada di Ibukota Kabupaten Maybrat di Kumurkek,
Selain itu, kami menyiapkan gedung sementara, yang dihibahkan untuk dijadikan sebagai kantor Kodim Maybrat.

“Dalam rangka membangun sinergitas, maka apa yang bisa kita dukung akan kita dukung. Salah satunya itu, tadi kita sudah memberikan mobil operasional untuk digunakan di Kodim Maybrat,” ucapnya.

Masyarakat Maybrat, kata bupati sangat mendukung dengan adanya kehadiran Kodim di Maybrat. Dirinya berharap kedepan sinergitas ini akan terus terjalin lebih baik lagi, dalam rangka membangun dan menjadikan masyarakat Maybrat makmur sejahtera. ***