oleh

Komisi III DPRD Tinjau Infrastruktur Jalan Bintang Ara yang Rusak dan Tergerus Longsor Akibat Banjir

TANJUNG – Insfrastruktur jalan yang rusak dan tergerus longsor akibat terdampak banjir di Kecamatan Bintang Ara yakni di Desa Usih mendapat kunjungan dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tabalong, Senin tadi.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tabalong, Supoyo menjelaskan pihaknya sudah memiliki rencana usai melakukan tinjauan lokasi.

Menurutnya ada dua kesimpulan yang mereka hasilkan usai diskusi yang akan disampaikan kepada PUPR untuk segera ditindak lanjuti terhadap penanganan jalan longsor di Desa Usih.

Pertama, jalan ini akan digeser beberapa meter kedalam melalui belakang Sekolah Dasar Negeri (SDN) Duyun Baru Desa Usih. Panjang jalur alternatif pertama ini diperkirakan sekitar 200-300 meter.

Kedua, jalan ini akan dialihkan kejalan PTP dan menembus ke arah Mesjid di Desa Usih. Perkiraan panjang jalur alternatif kedua ini sekitar 800 meter.

Lebih lanjut, Supoyo menjelaskan meskipun nanti sudah ada jalur alternatif, selama tidak membahayakan jalur yang terkena longsor tersebut tetap bisa difungsikan untuk jalan desa.

Dalam tinjauan tersebut, kedatangan Komisi III DPRD Tabalong, BPDB Tabalong dan PUPR Tabalong di lokasi disambut Camat Bintang Ara, Suryadi dan melakukan diskusi terhadap penanganan kondisi jalan yang perlahan mulai longsor pasca banjir, terlebih lagi jalan itu juga berada di Bantaran Aliran Sungai Tabalong. (metro7)