Home / Barabai (HST) / Covid-19

Kamis, 18 Juni 2020 - 19:20 WIB

Kontraktor Gapensi HST Diminta Sabar, Banyak Proyek Pekerjaan yang Dialihkan ke Penanganan Covid-19

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 44 kali

BARABAI – Pengurus BPC Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Periode 2017-2022, lakukan audiensi dengan Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan, di Ruang Auditorium Kantor Bupati, Kamis (18/06).

Wabup HST Berry Nahdian Forqan sampaikan, ada penghentian pengadaan barang dan jasa pada DAK Fisik, dilakukan agar penggunaan DAK fokus pada penanganan corona.

“Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani meminta para Kepala Daerah menghentikan seluruh proses pengadaan barang dan jasa, pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2020,” kata Berry.

Permintaan ini disampaikan oleh Menkeu atas pertimbangan penyebaran virus corona yang makin meluas di wilayah Indonesia.

Menurutnya, DAK Fisik 2020 harus dialokasikan untuk menangani pandemi virus corona. Baik yang sedang berlangsung maupun belum.

Baca Juga :  Masyarakat Dihimbau Bantu Pasukan Kebersihan

Wabub jelaskan, ada lagi kebijakan refocusing dan realokasi anggaran untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, tampaknya akan menyedot dana yang sangat besar.

Pemerintah Pusat melalui peraturan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI bahwa refocusing dan realokasi anggaran itu minimal 50 persen.

“Kondisi ini membuat sejumlah kegiatan yang sudah diprogramkan terpaksa tertunda, bahkan digeser atau dihapus. Tak terkecuali di Kabupaten HST,” ucapnya.

Berry berharap, agar kontraktor yang berada dibawah naungan Gapensi HST tetap sabar bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Saya maunya teman-teman bekerja dengan baik sesuai dengan ketentuan yang ada. Jangan sampai ada masalah dari sisi kualitas yang tidak sesuai dengan ketentuan. Mungkin pekerjaan ditahun ini tidak sebanyak tahun lalu karena ada dampak pandemi Covid-19,” ucap Berry.

Baca Juga :  Pembawa Sajam Ilegal Diancam 10 Tahun

Selanjutnya, Ketua BPC Gapensi HST Abu Permadi berharap, agar proses perizinan terhadap dokumen yang dipersyaratkan untuk dipenuhi dalam melengkapi Surat Ijin Usaha Jasa Kontruksi (SUIJK) agar dipermudah.

“Kami siap untuk menjadi mitra Pemerintah dalam pembangunan di Kabupaten HST.” Kata Abu Permadi.

Sementara itu, Kepala Bagian UKPBJ Setda HST Elvan Robiansyah sampaikan, terkait data paket pekerjaan berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) pada aplikasi sirup LKPP 2019, laporan data paket pekerjaan/tender/seleksi melalui UKPBJ tahun 2019, data paket pekerjaan berdasarkan RUP pada aplikasi sirup LKPP tahun 2020 dan pelaksana tupoksi bagian PBJ/UKPBJ. ***

Reporter : Muhammad Yasin / Hulu Sungai Tengah – Kalimantan Selatan.

Share :