Desa Membangun Negeri

Koordinator PKH Weliman Pastikan KPM Dapat Bansos

Reporter : Fabianus Bria - Kab. Malaka - NTT - Dibaca : 120 kali

MALAKA, metro 7.co.id – Merujuk pada surat Direktur Jaminan Sosial Keluarga Kementrian Sosial nomor 979/3.4 tahun 2020, tentang pemamfaatan bantuan program keluaraga harapan, maka melalui agen penyaluran Ferdi Brilink, dilakukan penyaluran dana bantuan PKH kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di empat  desa Kecamatan Weliman yakni Desa Haitimuk, Desa Wesey, Desa Kleseleon dan Desa Laten, Jum’at kemaren.

Pendamping PKH Koordinator Kecamatan Weliman, Rudianto Asuk ketika ditemui di Aula Kantor Desa Haitimuk tempat pembagian bantuan PKH mengatakan pihaknya hari ini menyalurkan dana bantuan kepada KPM di empat desa di Wilayah Weliman.

“Kita bagikan sebanyak 299 KPM melalui Ferdi Brilink. Namun ada juga sebagian KPM yang sudah disalurkan secara mandiri lewat penarikan ATM atau buku KPM,” katanya.

Dijelaskannya, penyaluran dana PKH dapat disalurkan berdasarkan validasi dan verifikasi data berupa nama dan alamat yang telah disinkronisasi antara Dinas Sosial dan Disdukcapil.

“Kemudian kita posting ke Kementrian Sosial untuk menerbitkan data base penerima PKH,” kata Rudianto.

Ia memastikan KPM PKH sekaligus penerima bantuan pangan non tunai, tentunya sesuai dengan komponen komponen persyaratan PKH.

“Kita di Kecamatan Weliman ada 1.343 KPM PKH,” tuturnya.

Selain PKH ada bantuan lain berupa BST, BSP dan BLT sebagai kosekuensi atas pandemi virus covid-19. Oleh karena itu setiap kali dilakukan penyaluran bantuan selalu di minta para pendamping PKH wajib ikut mengawasi agar setiap KPM tidak menerima lebih dari satu bantuan.

Harapannya agar dimasa covid ini dan juga ditahun ajaran baru 2020/2021, KPM PKH sekiranya dapat memanfaatkan untuk pembiayaan sekolah anak, seperti seragam sekolah dan alat tulis lain.

“Juga kami imbau agar dimanfaatkan untuk membeli asupan nutrisi bagi bayi atau anak-anak yang sementara dalam pertumbuhan, serta meningkatkan daya beli masyarakat ditengah pandemi covid-19,” tutupnya. ***

Share :