Desa Membangun Negeri
Rabu, 20 Jan 2021 17:23 WIB

Koperasi Nyatakan Pailit, Uang Nasabah Tidak Terbayarkan

Reporter :  Iman Raharso - Kab. Tegal, Jawa Tengah
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KOTATEGAL, Metro7.co.id – Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama (KSPSB) yang berkantor pusat di Kota Bogor menyatakan pailit. Akibat dari pailit tersebut berimbas terhadap macetnya pengambilan tabungan maupun deposito bagi semua orang yang menjadi nasabah pada unit-unit KSPSB di kota yang lain. Salah satunya adalah unit KSPSB yang berada di Jln Sultan Agung Kota Tegal. Lebih kurang 3 ribu anggotanya tidak bisa mengambil simpanan uang simpanan mereka, baik yang berbentuk tabungan maupun deposito.

Dalam situs resminya, KSPSB mengklaim sebagai salah satu dari sepuluh koperasi terbesar di Indonesia. Namun ternyata telah gagal bayar sejak bulan April lalu. Dari informasi yang didapat dari salah satu anggota KSPSB unit Kota Tegal berinisial E yang menitipkan uangnya dalam bentuk deposito dengan nominal lebih kurang 100 juta dengan terpaksa harus menelan pil pait atas pernyataan dari pengurus KSPSB unit Kota Tegal jika koperasi mengalami pailit.

“Saya kecewa karena hingga saat ini tidak ada kejelasan uang saya, jangankan uang pokoknya, tabunganya saja tidak bisa diambil, bahkan uang bagi keuntungan yang dijanjikan keluar dalam bulan november 2020 tidak ada kejelasanya. sebenarnya masalah pailit sudah diproses dan disahkan, namun kasus ini mencuat kembali karena para anggota koperasi yang merasa dirugikan merasa tidak puas dengan revisi-revisi proposal Skema Perdamaian. Intinya, mereka menganggap tata cara pencicilan hutang bagi anggota merugikan,” ungkapnya.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas