Desa Membangun Negeri
Senin, 21 Sep 2020 00:03 WIB

KPU Jambi : Kampanye yang Melanggar Aturan Protokol Covid Langsung Dibubarkan

Reporter :  Loadry Apryaldo Sutarno - Kab. Jambi, Jambi
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

JAMBI, metro7.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi mulai mematangkan persiapan kampanye bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Salah satunya terkait penerapan protokol kesehatan covid-19.

Berdasarkan aturan yang ada, kampanye umum atau tatap muka di Pilkada Serentak 2020, diwajibkan mendapatkan rekomendasi izin dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Hal ini dikarenakan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan kali ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Antisipasi agar tidak terjadinya cluster Pilkada pun menjadi perhatian penting penyelenggara Pilkada.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal, mengatakan, dalam peraturan telah diatur boleh berkampanye dalam bentuk rapat umum apabila dapat rekomendasi dari gugus tugas

Dia menjelaskan, kegiatan kampanye Pemilihan Serentak 2020 ini menekankan pentingnya Protokol Kesehatan untuk dipatuhi secara bersamam. “Untuk pelaksanaan kampanye sesuai  dengan PKPU dan regulasi bahwa harus mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Minggu (20/9).

Untuk kampanye rapat umum di rumah terbuka, kata Apnizal, pasangan calon tidak boleh mengumpulkan masa secara berlebihan maksimal 100 orang. “Tentunya atas izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dan Polda Jambi,” jelasnya.

Halaman: 1 2

CLOSE