oleh

KPU Siap Laksanakan Pilgub Kalsel

Nanang Kaderi. SH
Ketua KPU Kab Batola
MARABAHAN – Tidak lama lagi Kalimantan Selatan akan melaksanakan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur yaitu tepatnya tanggal 9 Desember  2015 mendatang, berlangsung seluruh wilayah menyelenggarakan Pilgub dan Pilkada, namun juga yang tidak melaksanakan karena masa jabatan kepala daerahnya belum berakhir.
     Ketua KPU Kabupaten Batola Nanang Kaderi. SH ketika ditemui Metro7 dikantornya belum lama tadi mengatakan pihaknya sebagai pelaksana bukan sebagai penyelenggara karena penyelenggara untuk pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur periode 2016 – 2021 adalah persinya KPU Provinsi sedangkan KPU Kabupaten hanya mengikuti saja apa yang telah dijadwalkan oleh KPU Provinsi Kalsel.
     Nanang juga menambahkan, untuk kesiapan dalam pelaksanaan KPU Kabupaten Batola siap sepenuhnya melaksanakan yaitu mulai dari pembentukan PPK, PPS serta penyelenggara baik tingkat bawah sudah dibentuk dan penerimaaan logistik kotak surat suara pun sudah masuk tinggal mengatur pembagian kotak suaranya saja, selain itu juga untuk tahapan sosialisasi tentang pemilihan kepala daerah kepada masyarakat serta kepada pemilih pemula yaitu pelajar yang saat ini masih duduk di kelas XII (kelas 3 SMA/SMK) sudah dilakukan sosialisasi kesekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Batola.
      Surat suara yang di terima oleh KPU Kabupaten Batola berjumlah 230.777 dari 47 box, serta 46 box berisi 5000 surat suara dan 1 box lagi berisi 777 surat suara, sedangkan untuk tintah berjumlah 1.218 botol sebanyak 6 box yang terdiri dari 5 box berisi 240 botol dan 1 box berisi 18 botol.
       Nanang juga menjelaskan untuk jumlah pemilih di Kabupaten Batola berjumlah 224.853 pemilih yang mana sebelumnya pada pemilihan Presiden kemarin hanya berjumlah 216.000 kalu dikalkulasi meningkat kurang lebih 8000 pemilih.
       Hal tersebut pengaruh dari adanya pemilih pemula dan penambahan penduduk yang tiap tahun selalu meningkat. Karena dari 17 Kecamatan serta 201 Desa dan terbagi menjadi 609 PPS yang pada sebelumnya saat pemilihan Presiden berjumlah 623 PPS, pungkas Nanang Kaderi. (metro7/and/has)