oleh

Kuota CPNS Tanah Bumbu 145, Terbanyak Tenaga Pendidik

BATULICIN – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menolak pengajuan jumlah kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) oleh Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Tanah Bumbu. Dari semula diusulkan 779 ASN yang terdiri dari 546 PPPK dan 233 CPNS, ternyata hanya 145 yang disetujui Kemenpan RB.

”Sebenarnya yang kami usulkan sebanyak 546 PPPK dan 233 CPNS, namun yang disetujui hanya 145,” kata Rooswandi Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu saat ditemui. Senin (28/10/2019).

Menurut Rooswandi, 145 kuota CPNS yang ditetapkan Kemenpan RB itu terbagi menjadi tiga bagian.Terdiri dari tenaga pendidikan sebanyak 78, tenaga kesehatan 34 dan tenaga teknis fungsional sebanyak 33 formasi,

Tenaga pendidik menjadi sektor yang paling banyak yakni sejumlah 78 kouta. Sedangkan dua formasi lainnya ditujukan bagi tenaga teknis dan tenaga kesehatan.

”Ke depan, kami akan mengupayakan agar jumlah kuotanya bisa meningkat ,” sambung Rooswandi.

Ketika ditanya soal waktu pelaksanaan tes CPNS, Rooswandi mengaku masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat.

”Namun kemungkinan akan dilaksanakan pada awal 2020 mendatang,” pungkasnya.

Rooswandi berpesan agar warga Kabupaten Tanah Bumbu memanfaatkan kesempatan jadi ASN lewat seleksi CPNS 2019.

“Harapan saya, peluang ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Tanah Bumbu yang memiliki minat di pemerintahan,” ujarnya. (metro7/khairil)