Desa Membangun Negeri
Kamis, 31 Des 2020 11:29 WIB

Kuras Uang Korban Hingga Ratusan Juta, Pelaku Berdalih Bisa Uruskan Sertifikat

Reporter :  Saerozim - Kab. Kendal, Jawa Tengah
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BATANG, metro7.co.id – Satreskrim Polres Batang Polda Jawa Tengah, berhasil mengungkap kasus tindak pidana penipuan atau penggelapan uang.

Tersangka dalam kasus itu yakni, S (51) Warga Dukuh Sabetan Kidul, Desa Mororejo, Kaliwungu, Kendal, sebagai pelaku utama dan AM (51) warga Kelurahan Medono, Kota Pekalongan. Kedua pelaku berdalih bisa menguruskan pemecahan sertifikat, yang membuat korban, Uriyah (40) warga Gringsing mengalami kerugian hingga Rp422 juta.

Kapolres Batang, AKBP Edwin Louis Sengka mengatakan, perkara penipuan dan penggelapan itu terjadi dalam kurun waktu dari 2019 hingga 5 Desember 2020.

Diungkapkan, para tersangka mengunakan rangkaian perkataan bohong dan tipu muslihatnya dengan menawarkan jasa pemecahan sertifikat pada Uriyah, dengan dalih dekat petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Batang.

“Mereka mengaku sanggup untuk melakukan pemecahan sertifikat lahan kavling milik korban, yang sebelumnya merupakan lahan pertanian untuk di ubah menjadi lahan darat. Karena bujukan tersangka itu, akhirnya korban mau menerima bantuan yang ditawarkan S untuk pemecahan sertifikat hak milik (splitsing) atas tanah hak milik nomor 01563 atas nama Machfud (Suami korban),” jelas AKBP Edwin.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2