oleh

Lanal dan Basarnas Sisir Korban Terseret Banjir, Dalam Simulasi Penanggulangan Bencana

-Kotabaru-1.192 views

KOTABARU – Pagi ini, Rabu (11/12). speedboat milik Lanal dan Basarnas Kotabaru lalu – lalang di Selat Laut. Dengan peralatan lengkap, personil dilapangan menyisir perairan sekitar Mako Lanal Kotabaru mencari beberapa korban terserat arus banjir.

Pemandangan ini pun nampak mencuri perhatian nelayan dan warga yang beraktifitas disekitar perairan.

Atraksi ini hanyalah bagian dari rangakaian simulasi pencarian korban pasca banjir oleh Satgas penanggulangan bencana Kotabaru yang di dalamnya ada Lanal, Basarnas dan BPBD Kotabaru.

“Jadi cerita latihan SAR hari ini kejadian berawal dari curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan banjir dan tanah longsor. Dan kita mensinergikan antara Lanal, BPBD dan Basarnas melaksanakan penanggulangan pasca bencana dengan simulasi ada beberapa korban yang terseret arus ceritanya,” ujar Danlat Kapten Laut (P) Adrian Iwasaki kepada wartawan.

Lebih lanjut Iwasaki mengatakan tindakan yang pertama diambil nanti adalah mengassist dari BPBD, sebagai komando utama, yaitu mulai pendirian dari posko kesehatan, posko pengungsi dan penerimaan bantuan.

Ditambahkan Iwasaki tujuan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari ini untuk memantapkan dan kesiapan kemampuan dari masing masing personil dilapangan.

“Dari simulasi yang ada harapannya kita nanti tidak terdadak, kita sudah tau harus berbuat apa dan tidak saling tumpang tindih sapa yang akan berperan dilapangan,” tandas Iwasaki. (metro7/syn).