oleh

Langkah Tabalong Hadapi Corona, dari Tutup Hiburan Malam Hingga Bentuk Posko di Seluruh Perbatasan

TANJUNG – Pastikan tanggap darurat corona di Kalimantan Selatan maka Kabupaten Tabalong serius berbenah mengantisipasi mewabahnya virus covid – 19 masuk dan memastikan saat ini tidak ada warga yang positif serta bersiap guna mengantisipasi keadaan terburuk

Langkah prepentif yang dilajukan pemerintah daerah dengan meliburkan anak-anak pelajar dan mahasiswa serta mengijinkann ASN diatas 50 tahun untuk tidak masuk ke kantor bekerja dirumah.

Pemerintah daerah juga tidak mengijinkan ASN keluar daerah guna menghindari terpapar corona serta melakukan pemangkasan anggaran APBD dari tim anggaran guna terus mencari dana cadangan apa bila terjadi sesuatu.

“Kembali saya minta agar masyarakat jangan panik dan tetap tenang, saat ini Pemerintah Kabupaten Tabalong berupaya maksimal meminimllisir masuknya corona di Bumi Sarabakawa,” katanya saat jumpa pers didampingi para anggota DPRD, Senin (23/3/2020) bertempat di Graha Sekata.

Anang menambahkan sudah membentuk gugus tugas membuat 4 posko pintu masuk ke wilayah Tabalong yakni di Pasar Panas Kecamatn Kelua, Lano Kecamatan Jaro, Padang Panjang Kecamatan Tanta dan Tabur Kecamatan Pugaan guna untuk melakukan pemeriksaan scrining pada warga yang masuk dan pergi.

Pemerintah daerah juga memastikan menutup semua tempat hiburan malam yang ada di Tabalong, termasuk meminta masyarakt untuk tidak mendatangi tempat tempat hiburan termasuk kafe – kafe terbuka.

Terkait kegiatann keagamaan, bupati juga meminta MUI, dewan mesjid serta persekutuan gereja dan perkumpulan agama lainnya rapat bersama pemerintah daerah pada Selasa ( 24/3) untuk mengatur dan menyeleraskan kegitan kegiatan keagamaan.

Serta sejak Sabtu (21/3) tadi pemerintah daerah bersama TNI dan Polri sudah melakukan penyemprotan berkala pada tempat ibadah dan pasilitas publik yang ada di Tabalong.

Terkait logistik pemerintah daerah memastikan saat ini masih dalam keadaan cukup.

“Karena kebutuhan logistik kita yang tergantung dari luar hanya gula, minyak serta daging ayam dan sejauh ini daging ayam pun masih bisa dari Tabalong sendiri. Insya Allah kebutuhan bahan pokok kita aman,” imbuhnya. (metro7/rz)