oleh

Layani Masyarakat, Capil Luncurkan Inovasi Administrasi Kependudukan Siang dan Malam

TANJUNG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabalong terus melakukan upaya untuk peningkatan pelayanan administrasi kependudukan (Pelanduk) kepada masyarakat.

Berbagai inovasi telah dilakukan dan kali ini Disdukcapil Tabalong melaunching Sistem Informasi Layanan Pengurusan Akte Kematian (SI LAPAK) Online berbasis Web.

Kemudian Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependukan Cetak Ditempat Ramah dan Tuntas (Jebol Pelanduk Cerdas), dan Anjungan Data Informasi Kependudukan (Adik).

Launching Silapak, Jebol Pelanduk Cerdas dan Adik dilaksanakan Disdukcapil Tabalong, Senin (21/10/2019) di Taman Giat Kota Tanjung dalam rangkaian kegiatan Apel Upacara Gabungangan SKPD.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tabalong H Suryanadie, menjelaskan, inovasi lapak ini akan dimanfaatkan pihak pemerintah desa dan kelurahan, untuk membantu warganya dalam mendapatkan akte kematian, dengan adanya lapak ini, diharapkan setiap peristiwa kematian bisa dilaporkan dan sekaligus diterbitkan akte kematiannya.

Kemudian untuk jebol pelanduk cerdas, singkatan dari jemput bola pelayanan administrasi kependudukan yang cepat ramah dan tuntas, selesai cetak ditempat senua jenis dokumen kependudukan bisa dilayani, dan selesai ditempat.

Sedangkan inovasi adik, singkatan dari anjungan data informasi kependudukan, adik ini adalah sarana yang disediakan kepada siapa saja yang ingin mendapatkan informasi terkait dengan data agregat kependudukan.

Untuk inovasi pelanduk cerdas adalah inovasi layanan jemput bola yang tetintegrasi dan berkolaborasi dengan instansi lain, dan pelayanannya sangat elastis, tidak terikat waktu sesuai dengan requis atau permintaan masyarakat.

Diakuinya beberapa minggu ini telah dilakukan kegiatan pada hari Sabtu dan Minggu, jadi kegiatan layanan jebol pelanduk cerdas ini bisa dilakuakan diluar jam kerja, bisa diluar jam hari kerja, serta bisa cetak ditempat, warga bisa menunggu dokumen yang dimohonkannya.

Jebol pelanduk cerdas ini akan ikut dalam layanan cek golongan darah gratis, sehingga input di Kartu Keluarga, status golongan darahnya bisa tercatat.

“Mudah-mudahan dengan ketiga inovasi yang dilaunching ini bisa memudahkan warga masyarakat Tabalong, khususnya untuk mendapatkan layanan dokumen kependudukan,” katanya.

Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengapresiasi kepada Kepala Disdukcapil beserta jajaran yang terus mengembangkan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mengingat lima tahun yang lalu Pemerintah Daerah telah mencanangkan ingin mewujudkan Pemerintahan yang melayani masyarakat, dan secara bertahap namun pasti itu sudah mulai terwujud.

“Ini akan terus kita wujudkan lima tahun mendatang, pendek kata perubahan pelayanan pradigmanya sudah berubah, masyarakat berada dalam posisi yang harus dilayani, Pemerintah Daerah berada pada posisi yang harus melayani,” tegas Bupati Anang. (metro7/via).