Desa Membangun Negeri
Senin, 27 Sep 2021 18:42 WIB

Leleury Dampingi Dandim 1502 Masohi Resmikan MaKo Menwa 010/Binaya Malteng

Reporter :  La Amsuri - Kab. Maluku Tengah, Maluku
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MALTENG, metro7.co.id Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu L Leleury mendampingi Dandim 1502 Masohi, Letkol Inf.Sang Ngurah Wikrama W, meresmikan Markas komando Resimen Mahasiswa 010/Binaya Maluku Tengah, Senin (27/9/2021).

 

Turut Hadir dalam kegiatan ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Forkopimda bersama Pimpinan OPD.

 

Dalam sambutannya, Leleury Berkenaan atas nama pemerintah daerah,mengucapkan selamat atas peresmian markas komando. Mudah-mudahan dengan adanya markas ini, semakin menguatkan konsolidasi organisasi Menwa dalam rangka melaksanakan tugas-tugasnya ke depan.

 

Sebagaimana diketahui, Resimen Mahasiswa atau Menwa adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata.

 

“Menwa juga merupakan salah satu komponen warga negara yang mendapatkan pelatihan militer yang keanggotaannya terdiri dari mahasiswa atau mahasiswi,” kata Leleury.

 

Pada konteks itu, tentu keberadaan Menwa dapat dikatakan sebagai komponen cadangan pertahanan negara karena pelatihannya hampir sama atau identik dengan pelatihan ilmu militer.

 

“Seperti penggunaan senjata, bela diri militer, senam militer dan pada tingkatan yang lebih spesifik bisa memperoleh pelatihan taktik pertempuran, survival, terjun payung, penyamaran, navigasi,” ujarnya. 

Halaman: 1 2 3 4

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2