oleh

Lewat CSR, PT Adaro Latih dan Bina UMKM Batola

BATOLA – PT Adaro Indonesia melaksanakan kegiatan presentasi bisnis model Canvas pelaku UMKM/Plut program CSR, Kamis (23/1/2020) bertempat di Rumah UMKM Handil Bakti Kabupaten Bantul.

Maneger CSR Adaro sebagai kepala kordinator wilayah, Lenny Marlina mengatakan sebenarnya ada 20 UMKM yang dibina, hanya saja yang ikut hari ini ada 13 peserta.

“Kemungkin saya anggap yang lainnya ada kendala tersendiri, sehingga tidak bisa ikut,” ujarnya.

Lenny Mariana melanjutkan kegiatan pembinaan ini selalu dilakukan secara intens, pihqknya harus selalu mengikuti bagaimana cara mereka mempersiapkan produknya dengan baik, permodalannya, pengemasan produk, juga sampai masalah pemasaran produknya.

“Semua kita dorong dan bantu untuk pengembangannya. Sehingga usaha mereka bisa maju dan lebih mandiri,” ungkap Lenny alumni Uniska Banjarmasin ini.

Disebut, Kalsel ada 6 wilayah yang Adaro bina, diantaranya Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Utara, Batola, dan total jumlah UMKM yang dibina ada kurang lebih 500 UMKM di Kalsel.

“Alhamdulillah Ada beberapa diantaranya yang berhasil sukses,” katanya lagi.

Khusus di Batola produksi unggulannya, pembuatan jamur Tiram, yang mendapat juara 1 di Batola, dan juga mendapat penghargaan di Kalsel.

“Kita juga bisa menjembatani pelaku UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan sertifikat halal dari lembaga yg berwenang,” imbuhnya.

Melalui kerjasama dengan pemerintah daerah, pigaknya berharap bisa melahirkan pionir-pionir pengusaha UMKM yang berhasil dan sukses ke depannya,” harapnya. (metro7/nrl*)