Desa Membangun Negeri
Minggu, 7 Feb 2021 19:37 WIB

Lingko Award untuk Pemanfaatan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan

Reporter :  Robert Perkasa - Kab. Manggarai Barat – NTT
Editor :  M Ali Nafiah Noor

LABUAN BAJO, Metro7.id – Pariwisata sebagai leading sector pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur memiliki prospek menjanjikan. Apalagi setelah Kabupaten itu didapuk sebagai salah satu destinasi Pariwisata premium di Indonesia. Kendati diterpa badai pandemi covid-19 sejak Maret 2020, namun geliat  kepariwisataan di Kabupaten itu terus digenjot.

Belum lama ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Mabar telah meluncurkan program pemanfaatan destinasi pariwisata berkelanjutan, terutama isu Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta isu ekonomi lokal. Program tersebut bertajuk “Ajang Penganugerahan Pariwisata Berkelanjutan dengan label Anugerah Lingko Award”.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Agustinus Rinus, S.Pd menjelaskan, program Lingko Award adalah titik star dari pemerintah daerah untuk membangun kesadaran pihak-pihak terkait, dalam menerapkan konsep pariwisata berkelanjutan. Program ini, kata Gusti Rinus, pertama kali digelar di Kabupaten Manggarai Barat. Karena itu, tahap awal pelaksanaannya, Dinas Pariwisata menggandeng Sustour dari Swisscontact Indonesia, salah satu Non Government Organisation (NGO) yang selama ini bergerak dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Halaman: 1 2 3 4

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas